Calon pemain Indonesia Calvin Verdonk akan menjalani sidang Komisi X dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk menjalani proses menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (3/6) mendatang.

Sumardji mengatakan hal ini ketika ia ditemui awak media termasuk ANTARA di sela-sela ia mengikuti latihan timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Jumat pagi.

Bek kiri 27 tahun itu terlihat sudah bergabung pada latihan bersama 18 penggawa timnas Indonesia yang dipimpin pelatih Shin Tae-yong pada hari ini.

"Ya (Senin), ini sedang proses berjalan nanti kita ikuti perkembangannya," kata Sumardji.

Baca juga: Jumat ini, Pratama Arhan dan Calvin Verdonk bergabung latihan timnas

Nantinya, setelah sidang Komisi X dan Komisi III DPR RI, rekomendasi persetujuan ini akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR untuk diambil keputusan.

Setelah rapat paripurna, Verdonk akan menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM, dan kemudian akan mengurus kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga guna mendapatkan paspor.

Adapun, meskipun nasibnya pada dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina pada Juni mendatang belum diketahui secara pasti, Sumardji mengatakan Verdonk mengikuti latihan pada hari ini adalah karena pelatih Shin ingin memantau kondisi sang pemain secara langsung.

"Saya perlu sampaikan bahwa hari ini Verdonk sudah ikut latihan dengan timnas, memang itu keinginan pak Ketum PSSI tentu atas permintaan Shin Tae-yong agar Verdonk bisa bergabung dan Alhamdulillah pagi ini sudah bergabung," kata Sumardji.

"Tujuannya supaya coach Shin tau kondisi dia, dan bisa menyatu, sambil menunggu proses naturalisasi yang sedang dilakukan federasi," tambahnya.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024