Sebanyak 2.231 calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengikuti tes tulis, Rabu.

Tes tulis yang merupakan tahapan seleksi dalam rekrutmen anggota PPS pilkada serentak itu digelar di salah satu gedung pertemuan di Kecamatan Kota.

"Melalui tes tulis ini akan diambil enam orang atau dua kali dari kebutuhan, untuk lolos dan ikut tahapan seleksi selanjutnya, yakni wawancara," kata Ketua KPU Kabupaten Sumenep, Rahbini di Sumenep.

Sumenep terdiri atas 334 desa/kelurahan yang tersebar di 27 kecamatan, baik di wilayah daratan maupun kepulauan.

Baca juga: KPU Sumenep tetapkan 135 anggota terpilih PPK Pilkada 2024

Jumlah anggota PPS di masing-masing desa/kelurahan sebanyak tiga orang, sehingga KPU Kabupaten Sumenep membutuhkan 1.002 anggota PPS pilkada serentak.

Tes wawancara bagi calon anggota PPS nantinya dilakukan oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) sebagai kepanjangan tangan KPU di tingkat kecamatan.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024 yang ditetapkan KPU RI, tes wawancara bagi calon anggota PPS akan dilaksanakan pada 21-23 Mei, pengumuman calon anggota terpilih PPS pada 24-25 Mei, dan pelantikan anggota terpilih PPS pada 26 Mei.

"Melalui tahapan seleksi ini, kami berharap anggota terpilih PPS memiliki kapasitas dan integritas sebagai penyelenggara pilkada serentak di tingkat desa," kata Rahbini, menerangkan.

Hari "H" pilkada serentak pada 27 November 2024.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024