Upaya Daniil Medvedev untuk mempertahankan gelar Italian Open berakhir lebih awal, Selasa (14/5) waktu setempat, setelah petenis peringkat empat dunia itu tersingkir di babak 16 besar, sementara Iga Swiatek melaju ke semifinal sektor putri.

Unggulan kedua Medvedev belum pernah berhasil mempertahankan mahkota ATP Tour dan berada jauh di bawah performa terbaiknya saat dikalahkan dua set langsung 6-1, 6-4 oleh petenis Amerika Tommy Paul, yang meraih kemenangan pertamanya melawan mantan juara US Open itu.

"Secara mental saya harus jauh lebih baik. Saya mulai menenangkan diri dan fokus pada pertandingan hanya di akhir pertandingan, dan itu sudah terlambat," kata Medvedev, seperti disiarkan AFP, Rabu.

"Sejujurnya ini mengecewakan. Saya ingin berbuat lebih baik di sini."

Paul akan melawan Hubert Hurkacz, yang mengalahkan Rafael Nadal di awal turnamen, di perempat final Masters 1000 pertamanya di lapangan tanah liat.

"Saya menjalani sedikit latihan sebelum musim lapangan tanah liat tahun ini dan itu sangat membantu. Saya sangat nyaman dan bersenang-senang di sini," kata Paul di lapangan.

Medvedev (28) memiliki peluang besar di Foro Italico setelah sejumlah bintang mengundurkan diri atau tersingkir lebih awal, namun ia malah menjadi nama besar terbaru yang tersingkir dari turnamen terakhir sebelum French Open itu.

Baca juga: Italian Open: Sabalenka melangkah ke perempat final di Roma

Roma kehilangan petenis peringkat empat besar dunia setelah tersingkirnya Novak Djokovic pada Minggu (12/5), dan peringkat dua dunia dari Italia Jannik Sinner serta peringkat ketiga Carlos Alcaraz yang mundur karena cedera sebelum turnamen.

Holger Rune, yang kalah di final tahun lalu dari Medvedev, juara Madrid Andrey Rublev -- peringkat keenam dunia -- dan finalis yang kalah Felix Auger-Aliassime juga tersingkir.

Selanjutnya: Berharap untuk mendapatkan
Berharap untuk mendapatkan gelar adalah petenis peringkat lima dunia dan juara Roma 2017 Alexander Zverev setelah mengalahkan Nuno Borges yang tidak diunggulkan 6-2, 7-5 untuk menghadapi Taylor Fritz di perempat final.

Juara bertahan Monte Carlo Stefanos Tsitsipas mengkandaskan petenis Australia Alex de Minaur 6-1, 6-2 dalam waktu satu jam dan akan melawan Nicolas Jarry di delapan besar.

Sementara itu, di sektor putri, petenis nomor satu dunia Swiatek melanjutkan upayanya untuk meraih gelar Roma ketiga, melaju ke empat besar melewati Madison Keys 6-1, 6-3.

"Hari ini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karena saya merasa bermain lebih baik dan yang pasti ini adalah hari terbaik bagi saya di Roma," ujar Swiatek.

Swiatek mempertahankan performa terbaiknya di Foro Italico, di mana dia belum kehilangan satu set pun, menjelang mempertahankan gelar French Open akhir bulan ini.

Juara tiga kali Roland Garros itu tiba di Roma setelah memenangi gelar WTA 1000 ketiga musim ini di Madrid.

Pewarta: Arindra Meodia

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024