Penumpang kereta api yang berangkat di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi mengalami peningkatan sekitar 7 persen selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Kenaikan Isa Al Masih dan cuti bersama.

"Selama libur panjang akhir pekan dari 8-12 Mei 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember memberangkatkan 47.533 penumpang atau rata-rata 9.507 penumpang menggunakan kereta api setiap hari," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro di Jember, Senin.

Ia mengatakan bahwa tingginya animo masyarakat menggunakan kereta api sebagai moda transformasi selama libur panjang kali ini tidak terlepas dari kepastian jadwal dan tingkat ketepatan waktu perjalanan kereta api yang tinggi.

"Kemudahan dalam mengakses jadwal perjalanan dan juga ketersediaan tiket menjadikan kereta api sebagai transportasi yang digemari oleh masyarakat," tuturnya.

Menurut dia, jumlah penumpang pada libur panjang kenaikan Yesus Kristus pada tanggal 8-12 Mei 2024 yang mencapai 47.533 orang mengalami peningkatan sebesar 7 persen jika dibandingkan periode yang sama pada pekan sebelumnya pada 1-5 Mei 2024 yang hanya mengangkut 44.315 orang.

"Selama liburan, jumlah penumpang terbanyak pada hari Minggu (12/5) yang merupakan hari terakhir libur dan total penumpang kereta api dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 9 Jember pada hari itu mencapai 10.399 orang," katanya.

Ia menjelaskan KA Probowangi dari Ketapang tujuan Surabaya menjadi kereta api paling banyak digunakan oleh masyarakat di Daop 9 Jember karena selama lima hari, KA Probowangi digunakan oleh 6.011 penumpang atau rata-rata perhari sebanyak 1.202 orang.

"Harga tiket KA Probowangi yang cukup terjangkau menjadi pilihan bagi masyarakat untuk bepergian dari dan menuju daerah di dalam wilayah Daop 9 seperti Banyuwangi, Jember, Lumajang ataupun Probolinggo," ujarnya.

Cahyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada para penumpang yang mempercayakan kereta api sebagai transportasi pilihan selama liburannya. KAI akan terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024