Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur menetapkan Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) II digelar pada November 2024 di Surabaya, sebagai ajang persiapan ke tingkat Nasional.
 
Hal tersebut, sebagai tindak lanjut dari saran Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.
 
kepada Ketua KORMI Jatim Hudiyono dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, mengatakan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VIII akan di gelar pada 2025 di Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
"Ada beberapa pertimbangan teknis yang akhirnya Bapak Pj Gubernur memberikan arahan agar pelaksanaan FORDA II akhir tahun nanti sekitar November. Untuk itu kami dari KORMI Jatim akan berkoordinasi lebih lanjut perihal teknis, tanggal, hingga lokasi pelaksanaannya," katanya.
 
Adapun yang akan ditunjuk sebagai panitia pelaksana, lanjutnya, adalah dari KORMI Kota Surabaya.
 
"Ketua KORMI Surabaya dan Kepala Disbudparpora Kota Surabaya sudah kami informasikan dan langsung berkoordinasi dengan Wali Kota Pak Eri Cahyadi yang setuju FORDA II di Kota Surabaya. Alhamdulillah, Insya Allah bisa berkolaborasi untuk menyukseskan FORDA II," ujarnya. 
 
Dalam waktu dekat, kata Hudiyono, akan segera diterbitkan Surat Keputusan (SK) dari Pj Gubernur Jatim untuk menetapkan Kota Surabaya sebagai tuan rumah FORDA II.
 
Selain itu, juga akan dibuatkan edaran untuk Bupati dan Walikota di Jawa Timur untuk turut menyukseskan acara.
 
Hudiyono menambahkan, pertimbangan teknis dipilihnya Kota Surabaya karena dinilai memiliki fasilitas dan sarana prasarana untuk menggelar FORDA II.
 
"Banyak venue yang bisa digunakan untuk penyelenggaraan FORDA di Surabaya. Termasuk bisa melibatkan Universitas Negeri Surabaya yang memiliki fasilitas olahraga yang cukup representatif," ucapnya. 
 
Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan rapat teknis untuk kesiapan pelaksanaan FORDA II, yang hasilnya akan disosialisasikan pada saat rapat kerja provinsi (Rakerprov) KORMI Jawa Timur pada akhir Mei 2024.
 
"Rakerprov bersama seluruh KORMI kabupaten kota di Jawa Timur serta pimpinan Cabang Organisasi Olahraga Masyarakat yang tergabung di KORMI Jatim," tuturnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024