Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendorong masyarakat memanfaatkan layanan pada loket prioritas yang ada di Kantor ATR/BPN Surabaya 1.
 
"Ada loket prioritas yang ini dibuka khusus bagi masyarakat tanpa kuasa. Artinya pemilik sendiri yang mengurus dan datang ke kantor pertanahan," kata AHY di sela mengunjungi kantor ATR/BPN Surabaya 1, Jumat.
 
Ia mengatakan layanan lain yang diberikan oleh ATR/BPN Surabaya 1 yaitu pengurusan sertifikat Sabtu dan Minggu, yang artinya masyarakat yang Senin sampai Jumat kerja bisa mengurus permasalahan sertifikat tanah mereka pada akhir pekan tersebut.
 
"Dengan layanan tersebut tentunya bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dan bisa diurus tanpa perantara atau calo. Dengan hadirnya ATR/BPN yang responsif serta kerja baik, kepastian hak atas tanah dimiliki setiap warga," ujar AHY.
 
Dalam kesempatan itu AHY juga menyempatkan diri untuk berkeliling ke beberapa ruangan yang ada di kantor tersebut untuk melihat secara langsung bagaimana proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
 
"Saya keliling melakukan office tour ke ruang kantor, termasuk tanya dan berdialog dengan pegawai ATR/BPN. Dengan kegiatan ini, bisa dapatkan gambaran langsung pengecekan organisasi menyeluruh dari pusat daerah provinsi kabupaten kota untuk meningkatkan disiplin kinerja yang profesional seluruh jajaran pegawai ATR/BPN supaya maksimal dalam melakukan pelayanan ke masyarakat," ujarnya.
 
Ia juga mengimbau kepada masyarakat supaya tidak segan untuk melakukan pemeriksaan tanah yang dimilikinya, termasuk juga mendapatkan pendampingan dari petugas ATR/BPN jika ada sengketa sertifikat.
 
"Kantor ATR /BPN Surabaya 1 termasuk ideal dengan luas bangunan serta kelengkapan yang dimiliki. Tadi saya juga diperlihatkan ruang penyimpanan arsip modern yang bisa dijaga dikawal semakin cepat melayani masyarakat," kata AHY.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024