Pelaku sektor wisata di wilayah Kota Batu, Jawa Timur mengharapkan kunjungan wisatawan naik pada masa sisa libur perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

Direktur Taman Rekreasi Selecta Pramono di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa pada masa libur Lebaran 2024, jumlah kunjungan wisatawan ke Selecta cukup berbeda dengan liburan Idul Fitri 1444 Hijriah pada tahun sebelumnya.

"Untuk saat ini, tidak seperti tahun lalu. Meskipun jumlah kunjungan wisatawan mulai ada peningkatan," kata Pramono.

Pramono menjelaskan, pada hari H perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, kunjungan wisatawan ke Taman Rekreasi Selecta tidak lebih dari 1.000 orang per hari. Sementara pada hari kedua perayaan Lebaran, kunjungan wisatawan mulai meningkat 1.290 orang.

Sementara untuk H+1 Idul Fitri 1445 Hijriah, kunjungan wisatawan mulai mengalami peningkatan mencapai 2.600 orang per hari. Ia berharap, jumlah kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan hingga masa libur Lebaran 2024 usai.

"Sebetulnya, kalau dibandingkan tahun lalu, selama dua minggu Lebaran itu kunjungan bisa sampai 50 ribu lebih. Tahun ini diharapkan naik 10-15 persen, tapi, dengan tiga hari awal ini, rupanya berat. Namun mudah-mudahan bisa, masih ada waktu," katanya.

Sementara itu, Guest Relation Officet Jatim Park 3 Devina Arintha Putrie mengatakan bahwa pada masa libur Lebaran 2024, jumlah kunjungan wisatawan ke salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Batu tersebut, memang lebih tinggi dibanding hari-hari biasa.

"Jika dibandingkan hari biasa, ada peningkatan 20-30 persen pengunjung. Namun, jika dibanding masa libur Lebaran tahun lalu, lebih tinggi pada tahun lalu," kata Devina.

Devina menjelaskan, jumlah pengunjung di Jatim Park 3 pada periode 9-11 April 2024 berkisar pada angka 1.000-1.500 orang per hari. Jumlah tersebut, tidak jauh berbeda dengan kondisi pada masa libur panjang saat akhir pekan.

Sementara pada masa libur Lebaran 2023, lanjutnya, jumlah pengunjung ke destinasi wisata yang terletak di Jalan ir Soekarno Kota Batu tersebut rata-rata berada pada kisaran 3.000 orang per hari, dari total daya tampung yang tersedia mencapai 5.000 orang per hari.

Ia berharap, pada masa sisa libur Lebaran 2024 jumlah pengunjung ke Jatim Park 3 bisa berada pada kisaran 2.500 orang per hari. Ia menilai, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu pada tahun ini, tidak sebanyak tahun sebelumnya.

"Semoga dalam sisa waktu ini kunjungan bisa bertambah. Saat ini tidak terlalu signifikan kenaikan jumlah kunjungan, seperti pada masa long weekend yang biasa," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Pos Pengamanan Soehat, pada Jumat (12/4) jumlah kendaraan yang melintas dan masuk ke wilayah Kota Batu tercatat sebanyak 2.160 kendaraan roda empat, 3.000 kendaraan roda dua, dan dua kendaraan roda enam.

Sementara untuk kendaraan yang keluar dari wilayah Kota Batu, tercatat untuk roda empat sebanyak 3.000 unit, roda dua 3.840 unit.

Wilayah Kota Batu merupakan salah satu destinasi tujuan wisata di wilayah Jawa Timur pada masa libur Lebaran 2024. Pada 2024, ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan di wilayah tersebut mencapai 12 juta kunjungan.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menyatakan, diperkirakan ada kurang lebih sebanyak 34 juta masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran dan menuju wilayah Jawa Timur. Selain itu, diperkirakan ada 31 juta masyarakat yang melakukan mudik antar kabupaten kota.

Kementerian Perhubungan menyatakan terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 193 juta orang dibandingkan periode yang sama pada 2023.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024