PT PAL Indonesia bersama sejumlah holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) industri pertahanan DEFEND ID menggelar mudik gratis dengan tajuk “Mudik Asyik Bersama BUMN 2024”.

Mulai dari induk holding PT Len Industri (Persero), kemudian anggota DEFEND ID yakni PT Dahana, PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia dan anak perusahaan Len yang tergabung dalam Len Industri Incorporated yakni PT Len Railway Systems, PT Len Telekomunikasi Indonesia, PT Surya Energi Indotama, serta PT Eltran Indonesia.

Direktur Teknologi dan Manajemen Portofolio PT Len Industri Amalia Maya Fitri dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Sabtu, mengatakan pelepasan mudik dilaksanakan serempak di dua lokasi, dimana keberangkatan utama dilaksanakan dari Gedung Sate Bandung dan keberangkatan lainnya dilaksanakan dari Kabupaten Subang pada Jumat, (5/4).

"Kegiatan ini merupakan program kolaborasi BUMN DEFEND ID dan pemerintah Provinsi Jawa Barat, adapun diberangkatkan dari Gedung Sate adalah karena kami DEFEND ID terpusat di Jawa Barat," ucapnya.

Baca juga: Ratusan warga ikuti "Mudik Asyik BUMN" dari Surabaya

Dalam agenda tersebut, pihaknya memberangkatkan 23 bus dengan total 1.150 peserta mudik dengan rute Bandung ke Surabaya, Bandung ke Yogyakarta, Bandung ke Semarang, Bandung ke Solo, Bandung ke Palembang, Bandung ke Lampung, Subang ke Surabaya, hingga Subang ke Semarang, dan Subang ke Solo.

Amalia menjelaskan, Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat melakukan mudik secara gratis dengan pelaksanaan mudik yang kondusif dan mengutamakan keselamatan serta kenyamanan.

Selain itu, kata dia, diharapkan dengan adanya mudik gratis ini dapat turut meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas dengan pengalihan sepeda motor ke bus. 

“Program mudik ini juga termasuk tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) ke-11 yaitu Kota dan Pemukiman yang berkelanjutan,” katanya.

Baca juga: LKBN ANTARA berangkatkan pemudik lewat "Mudik Asik Bersama BUMN"

Di tempat yang berbeda, PT PAL Indonesia sebagai anggota DEFEND ID yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur diwakili oleh jajaran Manajemen turut melaksanakan pelepasan mudik gratis diperuntukkan masyarakat sekitar serta karyawan dan keluarga dengan titik awal keberangkatan dari Surabaya ke beberapa rute perjalanan di pulau Jawa. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar dan segenap karyawan yang telah mengabdi kepada PT PAL Indonesia.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024