Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang memastikan seluruh pemilih yang ada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, tetap terlayani dan bisa menyalurkan hak suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Komisioner KPU Kota Malang Deny Bachtiar di Kota Malang, Rabu mengatakan bahwa di wilayah Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing ada tiga lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kekurangan surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Sudah teratasi, pemilih sudah kita layani. Ketika terjadi kurang surat suara, kita langsung skema kan pergeseran surat suara dari TPS sekitar," kata Deny.

Sebagai informasi, tiga TPS di Kota Malang sempat kekurangan surat suara untuk Pilpres berada di TPS 03 Pandanwangi dengan jumlah kekurangan sebanyak 119 surat suara, TPS 04 kekurangan 75 surat suara, dan TPS 12 kekurangan 99 surat suara Pilpres, serta 10 surat suara untuk DPRD provinsi.

Baca juga: KPU Kabupaten Malang musnahkan ribuan surat suara rusak

Deny menjelaskan, pergeseran surat suara tersebut, membutuhkan waktu sehingga proses pemungutan suara pada tiga TPS tersebut sempat tertunda beberapa waktu. Namun, ia memastikan bahwa surat suara mencukupi untuk pelaksanaan Pemilu 2024.

Ia memastikan tidak ada batasan waktu dalam proses pemungutan suara akibat adanya kekurangan tersebut. Para pemilih yang sudah datang ke TPS, dipastikan bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

"Pemungutan suara diselesaikan sampai pemilihnya habis, baru nanti penghitungan suara. Normalnya pukul 13.00 WIB, pemungutan suara selesai, tapi karena agak tersendat, maka penghitungan suaranya yang agak molor," tambahnya.

Terkait dengan kurangnya surat suara pada tiga TPS tersebut, lanjutnya, KPU Kota Malang akan melakukan investigasi untuk memastikan penyebab terjadinya peristiwa itu. Secara garis besar, pelaksanaan pemungutan suara di Kota Malang berjalan lancar.

"Kita akan cari tahu kira-kira kendala ada di mana. Untuk pelaksanaan, relatif bisa terlayani semua. Di Pandanwangi, agak tersendat karena ada masalah kekurangan surat suara," katanya.

Akibat adanya kekurangan surat suara tersebut, proses pencoblosan di tiga TPS sempat dihentikan sementara. Pada akhirnya, proses pemungutan suara kembali dilanjutkan usai adanya distribusi surat suara dari sejumlah TPS sekitar.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024