DPD Pro Jokowi (Projo) Jawa Timur menyiapkan 250 ribu kadernya untuk mengawal dan menjaga suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo-Gibran di tempat pemungutan suara (TPS) di 38 kabupaten/kota. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan Projo seluruh daerah serta para relawan untuk menjaga TPS saat hari H pencoblosan," ujar Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga dalam keterangan pers diterima di Surabaya, Sabtu.

Pengawalan suara dilakukan dengan harapan menghindari potensi kecurangan-kecurangan sehingga merugikan pasangan nomor urut 2.

“Total di Jatim sekitar 120.666 TPS. Nah, per TPS kami siapkan dua orang relawan,” ucap menantu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI Soekarwo tersebut.

Saat ini, kata dia, ratusan ribu relawan Projo Jatim sedang dilatih dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara di masing-masing daerah.

Bayu yang juga politikus Partai Golkar tersebut mengatakan relawan-relawan Projo nantinya memastikan semua proses pemungutan suara dan penghitungan suara berjalan baik tanpa ada indikasi kecurangan.

"Karena saat ini survei Prabowo-Gibran di Jatim menurut sejumlah lembaga survei mulai LSI, Indikator, The Republic Institue sudah di kisaran 54-57 persen," tuturnya.

“Target kami mengamankan suara mulai tingkat TPS sehingga harapan Prabowo-Gibran menang satu putaran dapat tercapai,” kata Bayu menambahkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024