Paguyuban Purnawirawan POLRI di Jawa Timur mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Surabaya.

Penasihat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Mochamad Iriawan atau Iwan Bule melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Senin, optimistis langkah Paguyuban Purnawirawan POLRI Jawa Timur mendukung Prabowo-Gibran bisa diikuti organisasi serupa di wilayah provinsi lain.

"Ini menjadi pelopor, Insya Allah saya yakin daerah-daerah lain akan melakukan hal sama," kata Iwan Bule.

Dukungan dari Paguyuban Purnawirawan POLRI di Jawa Timur juga telah diinformasikan kepada Prabowo Subianto.

"Tentunya ini kebanggaan buat kami karena ketika semalam saya ketemu dengan Pak Prabowo, beliau terharu atas dukungan yang diberikan oleh kawan-kawan PP POLRI," ucapnya.

Total terdapat 700 anggota Paguyuban Purnawirawan POLRI yang ikut dalam acara deklarasi tersebut, yakni Paguyuban Purnawirawan POLRI Surabaya, Malang, Jember, Kediri, Madiun dan Madura.

Selain deklarasi, para perwakilan eks anggota polisi yang tergabung di organisasi tersebut menandatangani naskah deklarasi sebagai komitmen dukungan untuk Prabowo-Gibran. Iwan Bule pun turut melakukan hal serupa.

Dia pun mengajak Paguyuban Purnawirawan POLRI sepenuhnya berjuang memenangkan pasangan asal Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Karena memang seluruh elemen sudah mengerti bahwa kita harus betul-betul memilih pemimpin yang benar-benar ikhlas kepada rakyat dan memiliki visi-misi luar biasa yang akan menyejahterakan Indonesia," ujarnya.

Dia menambahkan Prabowo Subianto sudah menegaskan dalam sesi debat kemarin malam, bahwa institusi POLRI tetap berada di bawah presiden.

"Semalam saat debat capres Pak Prabowo menegaskan hal itu, jadi kawan-kawan tidak perlu khawatir dengan isu yang menyebut tidak lagi di bawah Presiden," ucap dia.

Tak lupa, Iwan Bule mengapresiasi arah dukungan dari Paguyuban Purnawirawan POLRI kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibram Rakabuming Raka.

"Terima kasih kepada kawan-kawan saya yang sama-sama purnawirawan POLRI atas dukungan kepada pak Prabowo dan Gibran," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024