Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro mengajak kepada warga di kota setempat turut serta menyukseskan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) pada tanggal 14 Februari 2024 dengan ungkapan bahwa "Pemilihan Umum telah memanggil kita".
 
"Pemilihan Umum telah memanggil kita, saya minta tolong seluruh masyarakat untuk hadir di TPS secara berbondong-bondong dan bersemangat. Ini penting untuk masa depan negara kita," ungkap Mas Pj. Wali, sapaan akrab Ali Kuncoro, Sabtu.
 
Dikatakan Ali, partisipasi masyarakat penting untuk masa depan negeri ini, untuk menentukan pemimpin yang legitimate (sah), jujur, dan adil, karena masyarakat hendaknya menyalurkan hak pilih ke tempat pemungutan suara (TPS).
 
"Partisipasi masyarakat ini sangat ditunggu-tunggu oleh negara ini, jadi jangan golongan putih (golput), sekali lagi jangan golput, mari kita jaga bersama Pemilu bisa berlangsung dengan aman, damai, jurdil, dan berintegritas," ucap Ali Kuncoro.
 
Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto Saiful Amin menyatakan kesiapannya dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, khususnya di Kota Mojokerto.
 
"Secara Nasional kita sudah siap, secara khusus di Kota Mojokerto dengan dukungan banyak pihak termasuk pemerintah kota yang sangat luar biasa, itu menjadi energi bagi kamu untuk semakin siap menghadapi Pemilu," ujar Amin.
 
Menurut Amin, sebanyak 109.935 surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Mojokerto telah tiba di Gudang KPU Kota Mojokerto pada Jumat (5/1) pukul 16.25 WIB. Dan sebanyak 106.935 surat suara untuk pemilihan DPD tiba pada pukul 21.22 WIB di hari yang sama.
 
"Setelah kita cek jumlahnya sudah sesuai dan kita terima dengan kondisi baik, lengkap 100 persen. Maka minggu depan melalui pihak ke-3 sudah bisa melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara," kata Amin.
 
Amin memastikan dalam proses penerimaan surat suara Pemilu dijaga dan diawasi ketat baik petugas keamanan internal KPU, maupun pihak kepolisian.
 
"Tidak semua orang boleh masuk, bahkan saya saja itu harus sepengetahuan komisioner yang lain," katanya.
 
Amin berharap pelaksanaan Pemilu di Kota Mojokerto akan berlangsung dengan baik, kondusif, tanpa ada kekerasan, intimidasi, dan hal - hal yang sifatnya mencederai proses demokrasi.
 
Pada Senin, 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024