Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mulai melakukan perakitan kotak suara untuk Pemilu 2024 yang ditargetkan rampung dalam sepuluh hari ke depan atau sebelum akhir tahun 2023.

"Perakitan sudah dimulai sejak Senin (18/12) dan dilaksanakan di gudang logistik KPU Ponorogo," kata Ketua KPU Kabupaten Ponorogo Munajat di Ponorogo, Selasa.

Total ada 14.907 unit kotak suara berbahan karton yang dirakit. Pekerjaan itu ditargetkan rampung sebelum 30 Desember ini.

"Untuk logistik sampai saat ini (yang belum masuk atau datang) tinggal surat suara. Bilik suara dan kotak suara sudah ada di gudang dan saat ini kotak suara sedang kami lakukan perakitan," katanya.

Untuk mempercepat target tersebut, KPU Ponorogo memperkerjakan sebanyak 14 orang tenaga kontrak untuk merakit kotak suara.

"Kami pekerjakan 14 orang yang memang sudah berpengalaman menggarap perakitan kotak suara. Jam kerjanya mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, istirahat satu jam. Kami juga sudah lakukan briefing untuk SOP perakitan kotak suara," katanya.

Munajat menyebut masih ada 50 kotak suara yang belum tiba di gudang logistik KPU Ponorogo.

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan tambahan sebanyak 23 kotak suara sebagai pengganti jika ditemukan kotak suara yang mengalami kerusakan.

"Cadangan kotak suara sebanyak 23 unit untuk kerusakan ketika di perjalanan atau selama proses distribusi. Untuk kerusakan sudah dikembalikan sebanyak 15 unit yang rata rata penyok dan rusak kena hujan ketika perjalanan," tuturnya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023