Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Batu di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Wali Kota Aris Agung Paewai, lantaran dinilai inovatif dalam bidang mengembangkan sektor wisata setempat.

Apresiasi yang diberikan oleh Antara masuk ke dalam kategori "Kepala Daerah Inovator Peningkatan dan Pengembangan Potensi Wisata di Jawa Timur", saat "Anugerah Antara Jatim 2023", di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jumat sore.

"Adanya apresiasi ini bisa membuat inovasi yang berkelanjutan dan menjadi penggerak pariwisata Kota Batu," kata Aries sesuai acara.

Diketahui, sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tersebut, Pemkot Batu melakukan optimalisasi keberadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pemasar atau marketing wisata Kota Batu.

Aries kemudian mengambil langkah percepatan dengan merampungkan pengerjaan renovasi sejumlah infrastruktur dan membuka wisata baru di wilayahnya, seperti Wisata Petik Jeruk, Wisata Olah Raga, wisata alam, agrikultur, taman bermain, wisata adventure, hingga mengembangkan potensi desa wisata tematik.

Sementara, Pemkot Batu menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 10 juta orang pada 2023, setelah pada tahun sebelumnya tercatat ada sebanyak 7,4 juta wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut.

Aries menyebut percepatan pengembangan kawasan destinasi pariwisata setempat dilakukan dengan cara kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Ini inisiasi kami untuk meningkatkan pariwisata Kota Batu, kami perlu meningkatkan pembangunan untuk pariwisata," ujarnya.

Selain itu, Aries menyebut upaya percepatan kinerja Pemkot Batu dalam upaya pengembangan kawasan wisata tak bisa dilepaskan dari peran media massa, salah satunya LKBN ANTARA.

Dia pun berharap kolaborasi bisa terus berjalan demi memberikan dampak berkesinambungan pada sektor perekonomian masyarakat.

"Semoga Antara terus memberi dampak yang positif untuk pemberian informasi pemberitaan yang sangat kritis dan informatif, semakin berkembang dan memberikan pembangunan kepada kami," tuturnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023