Perpustakaan Kota Madiun menambah ratusan judul buku sebagai koleksinya seiring dengan saran dan masukan dari pengunjung serta survei yang dilakukan petugas.

"Pengadaan mencapai 650 judul buku untuk tahun ini. Tambahan buku itu sebanyak 1.170 eksemplar," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Heri Wasana di Madiun,  Kamis.

Menurut dia, pengadaan buku-buku koleksi tersebut mengacu saran dan masukan pengunjung serta survei. meliputi, buku-buku dari berbagai disiplin ilmu. Mulai dari ilmu terapan, kesehatan, keterampilan, hingga sastra seperti novel. Tahun depan, pihaknya juga akan menyediakan buku digital.

"Kami terus berupaya mengoptimalkan layanan masyarakat terkait literasi yang update dan berkembang," katanya.

Penambahan koleksi yang dilakukan hampir tiap tahun itu berdampak pada kunjungan ke perpustakaan yang meningkat. Pada tahun 2021 tercatat terdapat 21.302 anggota atau pengunjung, tahun 2022 ada 23.758 pengunjung, dan tahun 2023 sudah ada 26.675 pengunjung jelang akhir tahun.

Heri menambahkan, peningkatan itu diklaim buah upaya pihak perpustakaan. Heri menuturkan, minat baca di Kota Pendekar terus ditingkatkan. Di lain sisi, pihaknya juga terus meng-upgrade pelayanan dengan berbagai cara. Seperti layanan antar dan buku online di aplikasi iMadiun.

"Alhamdulillah, warga Madiun sekitar cukup gemar membaca. Jumlah kunjungan terus meningkat," katanya.

Sesuai data, hingga kini terdapat lebih dari 50.000 koleksi buku yang dimiliki oleh Perpusda Kota Madiun. Selain itu juga ada lebih dari 5.000 koleksi ebook yang terdapat dalam pustaka digital iMadiun.

Ribuan koleksi buku dan ebook tersebut terus ditambah untuk mendorong minat baca dan literasi warga Kota Madiun.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023