Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember Agus Wijaya mengatakan Bandara Notohadinegoro Jember harus steril saat kunjungan tamu VVIP Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu.

Wapres bersama istri Wury Estu Handayani terbang dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dijadwalkan pukul 11.30 WITA atau 10.30 WIB dengan menggunakan Pesawat CN 295 TNI AU menuju Bandara Notohadinegoro Jember yang ditempuh selama 45 menit.

"Kami sudah menyiapkan personel, sarana dan prasarana untuk menyambut kedatangan rombongan Wapres Ma'ruf Amin di Bandara Notohadinegoro," katanya saat dikonfirmasi per telepon di Jember.

Sesuai prosedur, lanjut dia, status Bandara Notohadinegoro ditutup untuk penerbangan umum karena saat ini pihaknya menerima permohonan pesawat carter akan mendarat di Bandara Jember.

"Hari ini memang ada permohonan rencana pesawat carter mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember, namun terpaksa kami batalkan karena ada kunjungan Wapres Ma'ruf Amin di Jember," tuturnya.

Sedangkan, jadwal penerbangan pesawat Susi Air dengan rute Sumenep-Jember-Sumenep setiap hari Selasa, sehingga kunjungan wapres tidak mengganggu aktivitas penerbangan tersebut.

"Bandara Notohadinegoro memang biasanya digunakan untuk mendarat pesawat carter, namun karena ada tamu VVIP yang akan mendarat di sana maka permohonan dari masyarakat terpaksa dibatalkan dan baru diperbolehkan pada Kamis, 7 Desember 2023," katanya.

Agus mengatakan masyarakat dan kendaraan warga dilarang masuk ke area Bandara Notohadinegoro tanpa seizin dari pihak Kodim 0824 Jember.

Pantauan di lapangan sepanjang rute menuju bandara sudah siaga para personel pengamanan gabungan untuk menyambut kedatangan Wapres Ma'ruf Amin di Kabupaten Jember.

Berdasarkan laman wapres.go.id,  Ma'ruf Amin dijadwalkan tiba di Jember pada pukul 11.15 WIB yang disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk langsung menuju ke Pendapa Wahyawibawagraha Jember untuk istirahat sejenak sambil santap siang dan menunaikan ibadah shalat dhuhur.

Setelahnya, Wapres akan menyerahkan bantuan program penurunan stunting di Kabupaten Jember dari Yayasan Dewa-Dewi Indonesia dan PT. Semen Imasco Asiatic Jatim.

Seusai seluruh rangkaian acara di Jember, Wapres akan langsung bertolak ke Surabaya untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. Wapres diperkirakan tiba kembali di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma pada pukul 18.20 WIB.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023