Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember meraih lima penghargaan sekaligus dalam perhelatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KI Award) Jawa Timur 2023 yang digelar pada 4 Desember 2023. 

"Alhamdulillah soal keterbukaan informasi publik di Kabupaten Jember yang kian baik setiap tahunnya dan tahun ini kami menyabet lima penghargaan sekaligus," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jember Bobby Arie Sandy di Jember, Selasa.

Menurutnya, Pemerintah Desa Jambe Arum di Kecamatan Puger mendapatkan tiga penghargaan sekaligus yakni menduduki peringkat ke-2 dalam kategori pemerintah desa paling informatif, kategori mengumumkan tingkat pemerintah desa, hingga pemerintah desa dengan pelayanan informasi publik terbaik.

Selanjutnya, adalah kategori menuju informatif tingkat pemerintah desa yang disematkan untuk Pemerintah Desa Ampel di Kecamatan Wuluhan.

"Resep desa meraih banyak penghargaan karena komitmen bupati yang menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemkab Jember," tuturnya.

Baca juga: Komnas Perempuan kampanye 16 hari antikekerasan perempuan di Jember

Perbup itu mengamanatkan pelaksanaan keterbukaan informasi publik baik di lingkungan pemkab maupun pemerintah desa.

"Sementara itu, dalam kategori informasi kabupaten/kota, Kabupaten Jember kembali naik peringkat yakni menjadi kabupaten dengan keterbukaan informasi publik terbaik kelima di Jatim," katanya.

Ia menjelaskan penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KI Award) Jawa Timur kali ini menambah catatan baik Pemkab Jember dalam memberikan keterbukaan informasi publik.

"Kabupaten Jember hanya mampu menduduki juru kunci atau peringkat ke-38 se-Jatim pada 2020, kemudian hanya naik satu peringkat yakni ke-37 pada tahun 2021, dan tren signifikan terjadi pada 2022 yang menduduki peringkat ke-11," ujarnya.

Sebagai wujud dari semakin terbukanya informasi publik di Jember, maka Komisi Informasi (KI) Jawa Timur menilai bahwa Jember mampu menjadi kabupaten dengan keterbukaan informasi publik terbaik ke-5 di Jatim.

"Transparansi itu adalah bagian dari keunggulan yang akan kami luncurkan ke depan, tujuannya untuk Jember lebih baik lagi," kata Bupati Jember Hendy Siswanto.

Untuk mengembangkan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Kabupaten Jember dan PPID Desa, maka Pemkab Jember juga akan mengadakan kegiatan untuk mengapresiasi dan memotivasi PPID pelaksana OPD, kecamatan, dan kelurahan, serta PPID desa melalui lomba keterbukaan informasi publik.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023