PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan jalur ganda Mojokerto-Sepanjang untuk meningkatkan pelayanan, memangkas waktu tempuh perjalanan, frekuensi dan menghindari persilangan kereta api yang melewati jalur tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, mengatakan terhitung mulai 1 Desember 2023 jalur ganda kereta api antara Stasiun Mojokerto - Stasiun Sepanjang telah dioperasikan.

Pengoperasian jalur KA sepanjang 33 KM tersebut, lanjutnya, dilakukan setelah proses peralihan (switch over) dari jalur tunggal ke jalur ganda.

"Peralihan itu yang dilakukan pada Kamis 30 November 2023 malam sampai dengan Jumat 1 Desember 2023 dinihari, itu berlangsung dengan lancar dan sesuai program," ucapnya.

Pihaknya berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung pengerjaan jalur ganda tersebut, sehingga diharapkan dapat membawa banyak manfaat.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf karena saat ini beberapa KA yang akan melewati lintas Sepanjang-Mojokerto masihdiperlambat kecepatannya menjadi maksimal hanya 60 km/jam dari 110 km/jam pada Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023," ujarnya.

Pembatasan kecepatan ini, kata dia, akan berlangsung sembari dilakukan pengawasan bersama antara KAI Daop 8 Surabaya dan Balai Teknik Perkeretapian Kelas 1 Surabaya.

"KAI dan Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, serta terus berupaya menjaga keselamatan perjalanan perkeretaapian, sehingga diharapkan dapat menjadikan transportasi publik yang aman, nyaman, selamat, serta menjadi pilihan utama dalam melakukan mobilitas masyarakat," ujar Luqman Arif.

Sebelumnya, PT KAI Daop 8 Surabaya juga meninjau lintas operasional kereta api dari Stasiun Surabaya Pasarturi hingga Stasiun Tobo, dalam menyambut momen liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Selain itu, hal tersebut juga upaya untuk menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api dalam menghadapi musim penghujan.

Peninjauan tersebut di antaranya sebagai mitigasi potensi risiko gangguan perjalanan KA akibat bencana alam, penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS), dan hasilnya dalam kondisi prima.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023