Brighton & Hove Albion memastikan tiket mereka ke fase gugur Liga Europa berkat kemenangan 1-0 atas tuan rumah AEK Athena, sementara West Ham juga lolos setelah Tomas Soucek mencetak gol larut ke gawang Backa Topola pada Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Pasukan Roberto De Zerbi berkiprah di Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka, dan petualangan Brighton akan berlanjut hingga tahun baru berkat gol semata wayang yang dicetak Joao Pedro.

Brighton unggul dua poin dari Marseille di puncak klasemen Grup B, sedangkan klub Prancis tersebut dapat merebut kembali posisi teratas jika mampu mengalahkan Ajax Amsterdam pada pertandingan yang dimainkan lebih larut pada.

Para juara grup Liga Europa akan langsung melaju ke fase 16 besar, sedangkan tim-tim peringkat kedua akan memainkan pertandingan gugur dengan sistem kandang-tandang pada Februari melawan tim-tim yang finis di posisi ketiga grup di Liga Champions.

Brighton akan bersaing memperebutkan posisi puncak saat Marseille melawat ke kandang mereka, Stadion Amex, pada laga terakhir yang dimainkan pada Desember.

AEK menggempur gawang Brighton pada sebagian besar jalannya babak pertama, satu peluang bagus didapat tuan rumah melalui Orbelin Pineda yang upayanya masih dapat digagalkan kiper Bert Verbruggen.
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023