Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun berhasil meraih penghargaan Top Inovasi Pelayanan Umum dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 untuk kategori umum.

Capaian prestasi tersebut diraih berkat inovasi E–Link, yakni Elektronik Laporan Informasi Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Diah Natalisa kepada Penjabat (Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto di Kota Batu, Kamis.

"Inovasi yang mengantarkan Pemkab Madiun meraih penghargaan ini karena pelayanan terbaik di puskesmas. Pasien bisa mendaftar secara mandiri. Mulai dari pelayanan pendaftaran sampai pemberian obat-obatan dapat dipantau dan diselesaikan secara cepat," ujar Pj Tontro dalam keterangannya.

Dulu, sebelum ada inovasi, pasien mendaftar secara manual dengan datang langsung ke puskesmas. Dengan inovasi, saat ini pasien dapat mendaftar dari rumah.

"Pasien bisa mengetahui waktu gilirannya diperiksa, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu," katanya,

Pihaknya mengaku bangga dengan raihan tersebut. Namun, Tontro mengaku masih ada upaya yang harus dilakukan lagi untuk mempertahankan prestasi sekaligus meningkatkan pelayanan.

"Upaya ini harus diperluas dengan integrasi puskesmas dan pihak rumah sakit," kata dia.

Adapun penyerahan penghargaan tersebut bersamaan dengan agenda pembukaan Pameran Inovasi Pelayanan Publik dan Jatim Bureaucracy Fest 2023 serta Penganugerahan Penghargaan Top Inovasi Terpuji KOVABLIK, Reformasi Birokrasi, SAKIP, Layak Berpredikat WBK dan Budaya Kerja CETTAR.

Pameran diikuti sebanyak 135 stan dari berbagai lembaga, di antaranya Kementerian PANRB, Ombudsman, 33 perangkat daerah, enam RSUD Jawa Timur, tiga RS khusus Jawa Timur, tujuh pemerintah kota, 18 pemerintah kabupaten yang termasuk Pemkab Madiun, tiga BUMD, delapan stan umum, dan TNI Polri.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023