Universitas Terbuka Surabaya (UT Surabaya) sukses menggelar acara bertajuk Universitas Terbuka Surabaya Fiesta yang berlangsung di Atrium Utara Royal Plaza Surabaya pada tanggal 18-19 November 2023.

Acara ini menghadirkan berbagai kegiatan menarik, mulai dari gelar karya unggulan dari SMA dan SMK di Surabaya, kompetisi bagi anak muda dan umum, hingga pengenalan dunia bisnis.

Dalam gelar karya unggulan, SMA Trimurti, SMK Ketintang, SMK Farmasi Sekesal, dan SMA Muhammadiyah 3 Surabaya unjuk kebolehan berupa hasil karya UMKM dan seni. Karya-karya tersebut antara lain produk fashion, kerajinan tangan, dan lukisan.

Selain itu, UT Surabaya juga menggelar kompetisi MC, Sing, Dance, Nintendo games, dan Fashion Cosplay competition. Kompetisi ini diikuti oleh ratusan anak muda dan umum dari berbagai wilayah di Surabaya.

Direktur UT Surabaya, Dr Hj Suparti, MPd, di Surabaya, Senin, mengatakan acara Fiesta untuk memberikan wadah bagi anak muda untuk menyalurkan bakat dan talentanya.

"Anak muda perlu wadah untuk menyalurkan hobby dan talenta sebagai salah satu cara membentuk jati diri. Acara Fiesta ini bisa menjadi inspirasi bagi anak muda untuk melangkah ke jenjang selanjutnya," kata Suparti.

Suparti juga mengatakan bahwa acara Fiesta ini juga bertujuan untuk mengenalkan dunia bisnis kepada mahasiswa dan calon mahasiswa.

Baca juga: 33 PMI di Singapura raih gelar sarjana

"Kami membantu mereka untuk mengembangkan usaha masuk program kewirausahaan," kata Suparti.

Sejauh ini, UT Surabaya memberikan kesempatan yang luas kepada para mahasiswanya untuk belajar dunia usaha. Suparti menilai pengenalan bisnis tidak cukup hanya melalui materi kuliah saja.

"Apalagi banyak juga orang bisnis sambil menempuh kuliah, nah ini sesuai dengan konsep pembelajaran di Universitas Terbuka Karir Ok Kuliah OK," kata Suparti.

Selain itu, UT Surabaya juga sangat fleksibel soal waktu dan lokasi kuliah. Jarak dan waktu bukan lagi halangan bagi siapa saja yang ingin menjadi sarjana UT.

"Untuk info lebih detail bisa dilihat di Surabaya.ut.ac.id," kata Suparti.

Semarak acara Fiesta semakin ramai dengan menghadirkan sejumlah performer, seperti girls band, DJ, dan Cosura komunitas cosplay Surabaya.

Salah satu peserta kompetisi Fashion Cosplay, Adelia, mengaku senang bisa mengikuti acara Fiesta. Adelia bersama timnya menampilkan kostum cosplay dari anime Attack on Titan.

"Acaranya seru banget, banyak kegiatan yang bisa diikuti," kata Adelia.

Adelia berharap acara Fiesta ini bisa digelar kembali di tahun-tahun mendatang. (adv)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023