Tempat wisata di Kota Surabaya beragam, mulai wisata buatan maupun alam. 

Salah satu obyek wisata yang masih ramai dikunjungi adalah "Surabaya North Quay" (SNQ) yang berada di tepi laut, tepatnya di pinggir dermaga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Lokasinya ada di lantai atas terminal penumpang Gapura Surya Nusantara.

Tak salah banyak pengunjung dari luar maupun Kota Surabaya dapat melihat kapal-kapal bersandar di tepi pelabuhan sekaligus menikmati kencangnya angin laut.

Di lantai 2 dan 3 gedung terminal difungsikan menjadi wisata dengan area outdoor cukup luas. Sehingga leluasa untuk menikmati matahari terbenam di sore hari.

Hampir tempat spot fotonya tidak pernah dilewatkan oleh pengunjung yang datang, misalnya selfie dengan latar langit sore atau berfoto di tulisan 'Surabaya North Quay'. Kemudian, terdapat ornamen perkapalan, foto-foto kapal berwarna hitam putih, dan miniatur kapal yang terpajang di area lantai 3.

Tempat ini juga tidak salah dipilih sebagai tempat rekomendasi untuk bersantai. Pengunjung bisa nongkrong bersama teman, sahabat, pasangan maupun keluarga dengan menikmati kuliner.

Berada di rooftop lantai 3, tersedia sejumlah fasilitas yaitu area rumput sintetis hijau, kursi kayu, dan kursi besi guna bersantai dan menikmati pemandangan.

"SNQ tempatnya enak, cocok untuk foto-foto apalagi melihat sunset itu bisa membuat nyaman dan tenang sambil melihat laut," ujar salah seorang pengunjung, Habibi.
 
Pengunjung berswafoto di SNQ, kawasan Tanjung Perak Surabaya. ANTARA/Yanuar Maulana


Biasanya, tempat ini ramai dikunjungi pada sore hari. Sebab, jika datang di saat matahari tenggelam, pemandangan di Surabaya North Quay akan memukau. Pengunjung dapat menyaksikan jembatan Suramadu dengan jelas, berikut Pulau Madura dari kejauhan. Belum lagi kapal-kapal besar bersandar, parkir di tengah laut, ada juga  yang lalu lalang.

Indahnya langit sore dan semilirnya angin menambah elok suasana. Tentu pemandangan menakjubkan ini harus diabadikan dalam foto dan diunggah ke dalam media sosial.

"Tempatnya enak kalo mau cari sunset, foto bareng teman-teman, ditambah lagi banyak tenan-tenan yang menjual cemilan jadi enak gitu bisa lihat sunset sambil nyemil," tutur pengunjung lainnya, Icha.

Dari SNQ ini, pengunjung bisa berkunjung ke foodcourt yang menyediakan aneka makanan, cemilan, dan minuman. Selain itu, pengunjung pun bisa membawa makanan atau minuman sambil melihat kapal-kapal yang merapat.

Cemilan di tempat ini sangat beragam. Menu seperti kentang goreng, tahu krispi, jamur krispi, kulit krispi, dan cemilan lainnya. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp15.000 sampai Rp18.000.

Apabila tertarik mengunjungi tempat ini, silakan datang pada pukul 12.00 WIB hingga 19.00 WIB untuk Selasa sampai Kamis, atau khusus Jumat pada pukul 13.00 WIB sampai 19.00 WIB. Sedangkan, untuk weekend, Sabtu dan Minggu buka pukul 12.00 WIB serta tutup 20.00 WIB.

Pengunjung dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp10.000. Tiket sudah termasuk voucher diskon Rp4 ribu untuk makan di area foodcourt dengan transaksi minimum Rp20.000.

Sementara, membeli voucher VIP sebesar Rp50.000 maka pengunjung dapat menukarkan dengan makanan, ditambah mendapatkan akses teras atau tepat menghadap tepi laut.

 

 

Pewarta: Yanuar Maulana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023