Penjabat (Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto membawa sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Madiun, Provinsi Jawa Timur, untuk menjalin kerja sama perdagangan dengan Pemkab Badung, Provinsi Bali.

"Harapan saya dengan penandatanganan kerja sama ini tentunya kemitraan yang sedang dibangun dapat terealisasi dengan baik," ujar Pj Bupati Tontro Pahlawanto dalam keterangannya setelah kegiatan usai, Senin.

Pj Bupati Tontro mengatakan bahwa misi dagang tersebut menjadi sarana untuk menggali potensi serta meningkatkan kerja sama strategis di sektor industri, perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Adapun kerja sama kedua daerah tersebut diwujudkan melalui penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Madiun dengan Pemkab Badung dengan harapan terjadi peningkatan transaksi perdagangan yang signifikan antara kedua daerah.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Madiun turut membawa beberapa jenis produk unggulan dari Kabupaten Madiun, seperti beras, bawang merah, bawang putih, dan beberapa hasil perkebunan lainnya.

Ia dan rombongan juga membawa produk kerajinan dengan harapan mampu memasarkan produk UMKM Kabupaten Madiun ke Kabupaten Badung.

"Artinya, para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Madiun bisa bekerja sama dengan para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Badung, sehingga pemenuhan kebutuhan antar-daerah bisa terlaksana nantinya," jelasnya.

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengatakan kerja sama antara Pemkab Madiun dengan Pemkab Badung tersebut adalah dalam rangka meningkatkan keterpaduan pengelolaan berbagai program pembangunan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, perekonomian daerah, dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap apa yang menjadi maksud dari perjanjian kerja sama ini dapat terwujud yaitu untuk membangun sinergi dan mewujudkan kelancaran arus informasi serta distribusi barang dan jasa dalam mendukung terciptanya sistem logistik nasional dan menjalin kemitraan pengembangan perdagangan antar-daerah dalam rangka meningkatkan daya saing," kata I Ketut Suiasa.

Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Badung, Rombongan Pemkab Madiun dipimpin oleh Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto yang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Evi Martiani beserta kepala OPD terkait.

Pj Bupati Madiun dan rombongan disambut oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sekretaris Daerah Badung Wayan Adi Arnawa, dan sejumlah kepala OPD Kabupaten Badung.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023