Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan John Fawcett Foundation (JFF) kembali menggelar operasi mata katarak gratis bagi 300 warga kurang mampu, mulai 24-28 Oktober 2023.

Layanan kesehatan mata gratis kerja sama antara PMI Banyuwangi dan JFF telah berlangsung 10 tahun, dan selama satu dekade bakti sosial telah melayani sekitar 27.051 pengobatan mata.

"Kami ucapkan terima kasih pada Pemkab Banyuwangi dan PMI atas kerja sama yang telah terjalin selama satu dekade. Banyuwangi adalah rumah kami yang kedua, kami merasa senang dan bangga bisa berkontribusi dalam program penanggulangan kebutaan dari pemerintah, semoga kerja sama ini tetap berkelanjutan dan kita akan terus membantu masyarakat yang membutuhkan," ujar Manajer JFF Indonesia Komang Yoman Wardana di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa.

Kerja sama antara PMI Banyuwangi dan JFF juga didukung oleh Pemkab Banyuwangi, dan telah melakukan 2.938 operasi mata katarak, pemberian 135 bola mata palsu, 12.317 kacamata, 6.908 obat, dan 4.753 skrining pada siswa sejak 2014.

Komang mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung program penanggulangan kebutaan dari pemerintah dengan cara melakukan deteksi dini dan pengobatan segera jika mengalami gejala katarak atau gangguan mata lainnya.

"Katarak bisa dicegah dan disembuhkan dengan cara operasi. Jangan biarkan katarak menghalangi anda untuk melihat dunia. Segera hubungi PMI Banyuwangi atau JFF jika membutuhkan pelayanan kesehatan mata gratis," kata Komang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono mengapresiasi bakti sosial yang telah dilakukan oleh PMI Banyuwangi dan JFF selama satu dekade.

"Kami berterima kasih kepada PMI Banyuwangi dan JFF yang telah berdedikasi dalam memberikan pelayanan kesehatan mata yang berkualitas bagi masyarakat Banyuwangi. Kerja sama ini merupakan contoh nyata dari semangat gotong royong dan kepedulian sosial yang tinggi," kata Mujiono yang juga Ketua PMI Banyuwangi itu.

Selain operasi mata katarak gratis, Pemkab Banyuwangi juga memberikan bantuan berupa 37 kaki dan tangan palsu bekerja sama dengan RSUD Sumberglagah Pacet, Mojokerto.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023