Pimpinan DPRD Kota Surabaya mengajak sejumlah pelajar sekolah menengah pelajar (SMP) untuk simulasi tata cara menggelar rapat paripurna di gedung DPRD setempat, Senin.

"Kami berharap kegiatan ini akan menjadi inspirasi bagi para pelajar dalam mengejar cita-cita mereka dan membantu mereka memahami pentingnya peran legislatif dalam memajukan kota dan mensejahterakan warganya," kata Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti.

Reni menyambut hangat kunjungan pelajar SMP 17 Agustus Surabaya yang menyambangi Gedung DPRD Kota Surabaya.

Sebanyak 76 murid kelas 9 itu diterima oleh Pimpinan DPRD dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bertempat di ruang paripurna, lantai 3 Gedung DPRD Kota Surabaya.

Perasaan senang penuh semangat, rasa penasaran, dan antusiasme yang tinggi para pelajar tersebut begitu terasa selama acara diskusi dan berbagi pengetahuan tentang dunia legislatif.

Terlebih lagi, para pelajar juga mendapat kesempatan spesial dan berharga pada momen ini untuk merasakan simulasi rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Pimpinan DPRD Surabaya itu.

Tampak para peserta juga turut aktif berpartisipasi selama kegiatan. Terlihat dari antusias para penanya yang tidak ingin melewatkan momen inspiratif dari tokoh perempuan Kota Surabaya tersebut.

Dalam sambutannya, Reni mengingatkan para pelajar tentang pentingnya memiliki mimpi yang kuat dan memberikan dorongan semangat untuk berusaha keras dalam mencapainya.

"Anak-anak punya semangat belajar yang tinggi, haus akan ilmu, mereka berusaha menggali lebih banyak informasi tentang bagaimana dunia legislatif dan peran anak muda ikut serta membangun demokrasi," ucapnya.

Wawasan dan pengetahuan mereka, lanjutnya, juga terasah dengan baik, terbukti dari nalar kritis dan kemampuan mereka dalam mengartikan pesan serta kedewasaan dalam berpikir begitu terlihat.

Legislator yang dikenal memiliki perhatian besar terhadap dunia pendidikan itu juga mengajak anak-anak belia itu untuk berani bermimpi tinggi dan membangun kepercayaan diri untuk menggapai cita-cita mereka di masa depan.

"Sebagai generasi penerus, tentu kami ajak berdialog dan beri motivasi supaya putra putri bangsa ini bisa memvisualisasikan capaian target dari mimpi-mimpinya itu untuk bisa direalisasikan," ucapnya.

Beberapa menyebut profesi yang mereka dambakan, seperti dokter, pengacara hingga jaksa. Sebagian lainnya bahkan menyatakan ketertarikan mereka untuk menjadi anggota legislatif di masa depan.

Hal tersebut mendapat apresiasi tinggi hingga respons positif yang memantik sorak sorai tepuk tangan memenuhi ruang rapat paripurna dari para peserta kunjungan yang hadir.

"Kunjungan ini tidak hanya menambah wawasan yang berharga bagi para pelajar, tetapi juga memperlihatkan komitmen DPRD Surabaya dalam mengedukasi dan membimbing generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan yang berdedikasi dalam melayani masyarakat," katanya.

Rangkaian acara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama antara Pimpinan Dewan Kota Surabaya Reni Astuti dan para pelajar serta guru pendamping yang hadir untuk mengabadikan momen tersebut.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023