Penggagas ajang "Mister Teen Indonesia & Miss Teenager Indonesia 2023” berharap gelaran kompetisi bakat remaja tahunan tersebut dapat mengembangkan minat, bakat serta kompetensinya melalui metode berbeda.

Komisaris Utama PT. Evtra Suksestama Internasional dan Direktur Pusat The Platinum Skills Indonesia Mochamad Nasiruddin dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Jumat, mengatakan saat ini terpilih 68 remaja melalui tahapan seleksi dalam ajang yang akan diselenggarakan di Bandung pada 31 Oktober-4 November 2023.

"Pemenang dari kompetisi remaja tersebut akan menjadi Brand Ambassador lima perusahaan, mendapat beasiswa dan hadiah uang tunai serta berkesempatan juga mewakili negara ke sejumlah kompetisi internasional di Kolombia, Amerika Serikat, Thailand, Filipina dan Uni Emirat Arab," ujarnya.

Oleh karena itu, pria yang saat ini sedang menyelesaikan program studi Doktoral bidang Pengembangan SDM Universitas Airlangga Surabaya tersebut selalu menekankan kegiatan berbasis kompetensi dengan output portfolio dalam pengembangan remaja di Indonesia. 

“Saya memandang pengembangan SDM di Indonesia harus memiliki suatu sistem yang comply dengan perkembangan sehingga pada sistem kompetisi ini, kami komite nasional memperhatikan input, process, output, dan outcomes," ucapnya.

Input kegiatan tersebut, lanjutnya, adalah kompetensi dasar, profiling peserta yang menekankan pada aspek berbasis kompetensi untuk menghasilkan portfolio.

"Sehingga hasilnya kami dapat menghasilkan remaja yang kompeten, berbakat dan memiliki integritas. Dengan hal tersebut, secara outcome, remaja yang sudah kami bentuk akan Kembali ke masyarakat, minimal bisa berbagi pengalaman dengan rekan seusianya”, ujarnya. 

Nasaruddin menjelaskan proses seleksi panjang sudah dilakukan para peserta sejak Februari dan saat ini mengikuti prakarantina sejak Agustus serta mulai karantina pada 31 Oktober 2023.

"Abdiel Chrise dari IKN Nusantara dan Mirachelle Julasavee Surja dari Bali akan menobatkan penerusnya pada Jumat, 3 November di Gedung Budaya Soreang Bandung, akan disiarkan secara live streaming melalui youtube Teen Generation. Sedangkan bagi yang ingin menyaksikan langsung, undangan bisa didapatkan melalui platform blibli.com," ujar Nasaruddin.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023