Pemerintah Kabupaten Lumajang mengajak seluruh instansi lintas sektor untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan pada Pemilu 2024 melalui "Kirab Pemilu" di wilayah setempat.

"Saya mengajak jajaran instansi lintas sektor untuk saling berkolaborasi untuk suksesnya Pemilu 2024. Semuanya harus berkolaborasi. Mari saling menguatkan dan mengingatkan," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Lumajang Paiman dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa jajaran Pemkab Lumajang siap menyukseskan Pemilu 2024 dengan mendukung kegiatan KPU untuk gencar melakukan sosialisasi tentang pemilu kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih atas dukungan Pemkab Lumajang dan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), sehingga segala kegiatan yang diselenggarakan KPU terlaksana dengan baik.

"Ini luar biasa acara Kirab Pemilu dengan berbagai kegiatan mulai sosialisasi hingga kesenian ditampilkan," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan Kirab Pemilu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu 2024 dan mengajak para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi menyukseskan acara pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Rangkaian kegiatan Kirab Pemilu terdiri dari serah terima bendera pataka, sosialisasi dan pendidikan pemilih, pertunjukan kesenian Reog Ponorogo dan pergelaran budaya. Pataka Kirab Pemilu 2024 diserahkan di Alun-alun Lumajang, Jumat (29/9).

Setelah digelar serangkaian sesi acara, dilanjutkan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai 2024 oleh jajaran Forkopimda, KPU, DPRD dan perwakilan partai peserta Pemilu tahun depan.

Kemudian dilakukan pelepasan Bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Lumajang yang selanjutnya akan dikirab ke wilayah Lumajang selama enam hari mulai 29 September hingga 4 Oktober 2023.

Di sisi lain, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Lumajang pada Pemilu 2024 sebannyak 837.666 pemilih dengan rincian pemilih perempuan 427.559 orang dan pemilih laki-laki 410.107 orang.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Lumajang sebanyak 3.322 TPS yang tersebar di 21 kecamatan dengan 198 desa dan enam kelurahan. 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023