PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun mengadakan bakti sosial berupa pemberian pengobatan gratis dengan menggunakan kereta kesehatan atau "Rail Clinic" bagi masyarakat di sekitar Stasiun Caruban di wilayah Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto mengatakan pengobatan atau layanan kesehatan gratis tersebut merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus sebagai rangkaian dari peringatan ke-78 HUT KAI

"Kami lakukan pengobatan gratis kepada sekitar 200 warga di sekitar Stasiun Caruban. Mereka mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic generasi ke-4," ujar Supriyanto di sela kegiatan, Selasa.

Adapun pemeriksaan tersebut meliputi poli umum oleh dokter umum, pemeriksaan poli gigi oleh dokter gigi, pemeriksaan kandungan, ibu, dan anak dilakukan dengan menggunakan alat penunjang diagnostik USG, pemeriksaan mata oleh "Refraksionis" Optisien menggunakan alat penunjang diagnostik ARK, pemberian obat-obatan sesuai dengan resep dokter poli oleh apoteker KAI, serta laboratorium sederhana untuk pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol, juga penyuluhan kesehatan.

Selain itu, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan atau kacamata secara gratis untuk 26 siswa SDN Pandean 1 dan SDN Purwosari 1 Kabupaten Madiun.

"Kegiatan bakti sosial di Stasiun Caruban ini, KAI menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari tiga dokter umum, dua dokter gigi, dua bidan, dua apoteker, dan delapan paramedis," katanya.

Supriyanto menambahkan, di samping layanan kesehatan, Rail Clinic Generasi ke-4 juga tersedia layanan "Rail Library" atau kereta pustaka. Siswa serta masyarakat sekitar yang hadir dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Rail Library tersebut yang di dalamnya menyediakan ratusan buku bacaan.

Rail Library juga dilengkapi dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa enam monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, yang terkoneksi dengan internet.

"Rail Library merupakan layanan perpustakaan di atas kereta, di dalamnya terdapat taman baca bagi siswa sekolah, juga edukasi tentang perkeretaapian," tambah Supriyanto.

"Diharapkan, dengan adanya pengobatan melalui Rail Clinic di Stasiun Caruban ini, dapat memberikan nuansa yang baru dan semakin menyehatkan masyarakat. Serta bagi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api, untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset KAI," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023