Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengharapkan penyelenggaraan Liga 2 Indonesia musim 2023/2024 berjalan lancar tanpa adanya konflik rivalitas suporter.

"Liga 2 nanti akan diluncurkann10 September. Selamat dan Bismillah dan mohon suporter pulang ke rumah harus selamat, jangan ada yang panas-panasan, semuanya ini saudara dan semua pihak harus saling jaga," ucapnya saat ditemui ANTARA, di Surabaya, Sabtu.

Sementara itu, Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus mengatakan bahwa persiapan pembukaan Liga 2 sudah berjalan sesuai rencana awal.

"Persiapan sudah sesuai dengan harapan kami, sampai dengan hari ini sudah berjalan sesuai dengan timeline yang sudah disepakati sejak awal," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya tinggal menunggu waktu pembukaan serta Kick Off Liga 2 antara Persela melawan Persijap Jepara pada 10 September 2023, pukul 15.30 WIB di Stadion Surajaya Lamongan.

"Jadi semua tinggal lihat penyelenggaraannya dan Kick Off di Lamongan besok," katanya.

Selain itu, mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut juga berpesan untuk para suporter dan klub tetap mematuhi regulasi yang telah ditetapkan.

"Sesuai regulasi yang ditetapkan, sama seperti Liga 1, hanya ada suporter dari tuan rumah yang boleh hadir," tuturnya.

Menurut dia, semua pihak baik suporter lawan ataupun tuan rumah harus bisa menahan diri untuk mentaati regulasi yang telah ditetapkan.

"Karena semua itu adalah bagian dari transformasi sepak bola Indonesia oleh FIFA, kalau semuanya baik, aman dan lancar pasti sepak bola kita akan maju," ujarnya.

Kompetisi Liga 2 diikuti oleh 28 klub itu akan dimulai pada 10 September 2023 dan berakhir pada 9 Maret 2024 yang terbagi menjadi empat grup pada babak penyisihan. 

Total akan digulirkan 260 pertandingan pada Liga 2 musim 2023/2024. Dari jumlah pertandingan itu, terbagi pada babak pendahuluan, 12 besar, play-off degradasi, semifinal, play-off promosi, dan babak final. 

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023