Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) Daerah Operasional 8 Surabaya menjadi juara umum dalam ajang Railway Police Award (RPA) 2023 yang diikuti sembilan Daerah Operasi di Pulau Jawa dan empat Divisi Regional di Sumatera.
 
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, menjelaskan jika acara RPA 2023 tersebut merupakan sebuah ajang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan baik secara teori maupun praktek bagi petugas Polsuska.
 
"Selain itu juga sebagai sarana berbagi pengalaman selama bertugas dari masing-masing wilayah kerja KAI," ucapnya.
 
Menurut dia, setiap daerah memiliki karakter masyarakat, budaya yang berbeda, dan cara menangani masalah yang berbeda.
 
"Ini merupakan kesempatan untuk berbagi pengetahuan permasalahan dan solusi penyelesaiannya. Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahunnya dan berganti tempat penyelenggaranya," ujar Luqman Arif.
 
Selain mempertontonkan kemampuan beladiri karate secara perorangan maupun beregu, lanjutnya, seluruh peserta juga diharuskan mempresentasikan kemampuan pemahaman pengetahuan Standard Operasional Prosedure (SOP) saat berdinas.
 
"Kemampuan cara penyampaian dan pemahaman aturan ini penting, karena Polsuska merupakan bagian dari frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan, masyarakat, para tokoh masyarakat, hingga pejabat di tingkat kewilayahan," tuturnya.
 
Sementara itu, kompetisi beladiri juga dihadirkan sebagai bentuk apabila petugas dihadapkan pada situasi yang membutuhkan tindakan represif, seperti berhadapan pelaku kriminal di atas KA, di stasiun, maupun di jalur KA, yang membutuhkan kemampuan beladiri mumpuni.
 
Luqman menjelaskan, ada tiga kategori yang dipertandingkan, pertama Kategori Pengamanan Jalur KA, Juara pertama di raih oleh Daop 8 Surabaya, disusul Daop 6 Yogyakarta kemudian Daop 5 Purwokerto.
 
Kemudian, Kategori Pengelolaan Lost and Found, Daop 8 Surabaya menjadi juara pertama, kemudian Daop 5 Purwokerto diposisi kedua dan yang ketiga Kantor Pusat.
 
"Untuk kategori terakhir Pengamanan Operasi KA, Daop 2 Bandung juara pertama, Daop 8 Surabaya juara dua dan juara tiganya Daop 5 Purwokerto," ucapnya.
 
"RPA 2023 dilaksanakan tidak lain untuk membangun moril dan mental petugas Polsuska sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan KAI," tambahnya.

Pewarta: Naufal Ammar

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023