Petenis Polandia Iga Swiatek menunjukkan dominasinya setelah menghancurkan peringkat 145 Kaja Juvan asal Slovenia dengan skor 6-0, 6-1 dalam waktu hanya 49 menit di babak ketiga US Open, Sabtu.

"Saya tidak suka dengan kenyataan ini bahwa saya menang atas teman terbaik saya," kata Swiatek dikutip AFP.

"Ini seperti bermain dengan saudari kandungmu sendiri karena saya sudah sangat mengenal dia sejak lama."

Swiatek berada pada jalurnya untuk menjadi petenis putri pertama yang mempertahankan gelar US Open setelah Serena Williams yang memenangi hattrick pada 2012-2014.

Selanjutnya, Swiatek akan berhadapan dengan juara French Open 2017 Jelena Ostapenko, yang mengalahkan Bernarda Pera dalam tiga set.

Sementara itu, juara Wimbledon tahun lalu Elena Rybakina yang menjadi unggulan keempat secara mengejutkan tumbang di tangan Sorana Cirstea setelah permainan tiga set 3-6, 7-6(8/6), 4-6.

Petenis Rumania itu akan menghadapi unggulan ke-15 asal Swiss Belinda Bencic pada babak 16 besar.

Mantan peringkat satu dunia Caroline Wozniacki, bermain di Grand Slam pertamanya dalam tiga tahun terakhir, lolos ke babak selanjutnya menyusul kemenangan 4-6, 6-3, 6-1 atas Jennifer Brady.

Sedangkan unggulan ke-10 asal Ceko Karolina Munchova mengalahkan Taylor Townsend 7-6 (7/0), 6-3 untuk menghadapi petenis China Wang Xinyu, yang pada pertandingan sebelumnya mengalahkan Anna Karolina Schmiedlova asal Slovakia.

Sementara itu, Coco Gauff, yang sedang dalam performa terbaiknya menyusul kemenangan di Washington dan Cincinnati, mendapat ujian dari Elise Mertens sebelum mengalahkan petenis Belgia itu dalam tiga set 3-6, 6-3, 6-0.

"Kemenangan adalah kemenangan, tidak peduli bagaimana Anda meraihnya," kata Gauff. "Jika pertandingan tiga set itu hasilnya lain, saya tidak akan menyerah tanpa perlawanan."

Mertens menghalau sejumlah break point di gim keenam set pertama dan kemudian membuat break dua kali secara beruntun untuk unggul.

Gauff dibombardir dengan break point pada awal set kedua sebelum membalikkan momentum saat permainan Mertens mulai mengendur.

Dia menyelesaikan laga dengan merebut 10 gim terakhir secara beruntun untuk memesan tempat di babak keempat melawan Wozniacki.
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023