Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan bahwa kegiatan karnaval pelajar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dapat membantu menggerakkan roda perekonomian wilayah setempat.

Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kasih Fajarini beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membuka dan memberangkatkan peserta karnaval pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK di Jalan Kartini Kabupaten Jember, Minggu.

"Dengan kegiatan karnaval pelajar banyak pengunjung datang, dan itu sangat membantu menggerakkan roda perekonomian warga," kata Hendy di Jember.

Karnaval pelajar diikuti oleh 35 regu yang di dalamnya terdapat kurang lebih 50 hingga 150 siswa-siswi SMP dan SMA atau sederajat di Kabupaten Jember.

"Dengan diselenggarakannya kegiatan seperti karnaval pelajar maka para pelaku usaha yang terlibat dan semuanya mendapatkan berkah dari kegiatan itu, sehingga dapat mendongkrak ekonomi di Jember," tuturnya.

Ia berharap kegiatan karnaval dapat menjadi inspirasi untuk masyarakat sekaligus memantik seluruh unsur pendidikan untuk mengembangkan merdeka belajar sehingga masyarakat Kabupaten Jember lebih mencintai seni budaya setempat.

"Karnaval pelajar itu kami wujudkan untuk terus melakukan inovasi-inovasi baru sehingga para pelajar itu bisa mengembangkan ilmu dan bakatnya lebih dalam," katanya.

Para peserta SMP maupun SMA terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti karnaval pelajar dengan busana adat dan budaya di Indonesia berjalan sesuai dengan rute yang telah ditentukan Dinas Pendidikan Jember.

Sementara itu, tidak hanya peserta yang bersemangat, para penonton di sepanjang rute karnaval pun menyaksikan dengan semangat dan mayoritas mengabadikan momen saat para peserta karnaval melintas.

Pantauan di sepanjang rute karnaval, banyak pedagang dipadati penonton terutama yang berjualan minuman.

"Alhamdulillah, adanya karnaval ini membuat dagangan saya laris dan sudah mau habis. Imbas dari sektor perekonomian bagi pedagang kecil seperti kami memang sangat terasa. Semoga kegiatan ini rutin digelar," tutur salah seorang pedagang.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023