Kegiatan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Pandaan mengusung salah satu agenda utama yaitu memberikan edukasi keuangan digital kepada pedagang pasar tradisional di wilayah tersebut.
 
RCEO BRI Malang Mochammad Suratin dalam keterangan di Pasuruan, Kamis, mengatakan kegiatan untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, dan memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah.

"PRS ingin memberikan edukasi tentang penggunaan keuangan digital kepada masyarakat serta mendorong akuisisi pedagang melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk mempermudah UMKM dalam bertransaksi," ujarnya.
 
Salah satunya dengan "Grebek Pasar" yang menyasar lima pasar tradisional di Pandaan, yaitu Pasar Kebonagung, Pasar Purwosari, Pasar Sukorejo, Pasar Pandaan dan Pasar Wisata Cheng Ho.
 
"Hal ini memberikan edukasi kepada masyarakat dan para pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI seperti layanan pembukaan Tabungan BRI Simpedes yang dilakukan secara digital dan bertransaksi melalui BRImo serta pembayaran menggunakan QRIS BRI," ucapnya.
 
Gelaran yang diselenggarakan oleh Tabungan BRI Simpedes ini mengusung tema “Pede Raih Peluang” yang digelar pada 26-27 Agustus 2023 di Taman Candra Wilwatika, Pandaan," ucapnya.
 
PRS Pandaan 2023 juga sebagai bentuk dukungan BUMN mendukung UMKM di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Pasuruan.
 
Pesta Rakyat Simpedes rutin dilakukan sejak tahun 2008, sebagai sarana edukasi dan hiburan sehingga masyarakat pede untuk menjadi pengusaha.
 
Selain memberikan nilai edukasi, pawai PRS 2023 dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Seni dan Budaya yang dimeriahkan oleh Marching Band dan komunitas
 
Pasar bazar UMKM unggulan binaan BRI di Pandaan yang akan menampilkan berbagai macam produk UMKM dengan beberapa kategori yaitu kuliner, fesyen, kerajinan dan semua transaksi pembelian produk – produk UMKM menggunakan QRIS BRI scan-nya pake BRImo.
 
Pada kegiatan ini dimeriahkan dengan seni dan budaya dengan penampilan Wayangan dan Ludrukan pada 26-27 Agustus 2023 serta hiburan dari deretan artis Tanah yang menghadirkan Inul Daratista, Slank, Gigi, Repvblik, Via Vallen, New Palapa dan OM Sera.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023