Pramuka Kota Madiun, Jawa Timur membagikan ratusan helai bendera Merah Putih secara gratis kepada warga di permukiman sekitar kawasan Pahlawan Street Center (PSC), sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Madiun Suyoto Harjo Wiyono di Madiun, Ahad mengatakan kegiatan tersebut sekaligus sebagai upaya untuk menyemarakkan peringatan hari jadi ke-62 Pramuka.

"Kita lakukan baksos dengan membagi atau mengganti bendera Merah Putih milik warga yang sudah perlu diganti," katanya.

Menurut dia, ada sekitar 500 bendera yang dibagikan dengan cara diberikan langsung ke rumah-rumah warga. Pembagian dilakukan bekerja sama dengan petugas Bakesbangpol Kota Madiun.

Selain membantu warga, lanjut Suyoto, pembagian bendera Merah Putih tersebut juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan NKRI.

Pembagian bendera Merah Putih tersebut diharapkan juga memotivasi semangat nasionalis dan kecintaan terhadap Tanah Air di kalangan masyarakat Kota Madiun.

Dengan demikian warga Kota Madiun diingatkan kembali akan semangat nasionalisme untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

Kegiatan itu juga untuk meningkatkan semangat patriotisme masyarakat, khususnya para generasi muda.

"Semoga bendera ini bisa bermanfaat dan memantik rasa nasionalisme kita," katanya.

Masyarakat Kota Madiun yang beragam budaya, suku, dan keagamaan tersebut juga diajak menjaga persatuan kesatuan dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

Sementara, warga sangat antusias dengan pembagian bendera secara gratis tersebut. sesuai arahan Pemkot, warga Kota Madiun diminta mengibarkan bendera Merah Putih selama sebulan penuh pada Agustus 2023.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023