Manajemen RSUD Gambiran Kediri mengajak warga untuk melakukan deteksi dini kolesterol dan diabetes sehingga bisa dilakukan pengobatan sejak dini.

Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri Aditya Bagus Djatmiko katanya di Kediri, Selasa, mengemukakan deteksi kolesterol dan gula darah menjadi perhatian.

Selain biaya pemeriksaan, kedua penyakit tersebut saat ini merupakan penyakit yang cukup banyak diderita dan berpotensi menimbulkan banyak komplikasi.

"Kadang-kadang orang tidak merasa ada keluhan, tiba-tiba saja saat sakit baru ketahuan gulanya tinggi, kolesterolnya tinggi. Kalau kedua penyakit ini sudah diketahui sejak awal dan ditindaklanjuti, efek untuk preventif terhadap penyakit berat bisa dilakukan lebih awal," katanya.

Ia menjelaskan rumah sakit mengeluarkan Paket Merdeka (Pamer) Sehat guna memberikan pelayanan paket deteksi dini kolesterol atau Pamer Sehat 1 dan gula darah atau Pamer Sehat 2 bagi masyarakat dengan harga relatif terjangkau.

Untuk mendapatkan skrining kolesterol Pamer Sehat 1, pasien akan mendapatkan cek kolesterol total, cek triglisetida, cek HDL (kolesterol baik), cek LDL (kolesterol jahat) dan konsultasi dokter penyakit dalam.

Sedangkan, untuk skrining gula darah Pamer Sehat 2, pasien akan mendapatkan cek gula darah puasa, cek gula darah dua jam PP, cek HBA1C, cek bun ureum, cek kreatinin dan konsultasi dengan dokter spesial penyakit dalam.

Program ini, kata dia, dikeluarkan sesuai peran rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna yaitu memberikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif tanpa mengabaikan pelayanan promotif dan preventif.

"Melalui Paket Merdeka Sehat ini, kami ingin memaksimalkan peran dari promotif dan preventif sebagai pemberi pelayanan kesehatan," ujarnya.

Aditya menjelaskan dalam proses pendaftarannya pasien atau masyarakat dapat langsung menghubungi call center dan membuat janji periksa. Mereka juga didampingi mulai dari proses pendaftaran hingga pemeriksaan.

"Pendaftaran bisa dilakukan lewat WA call center dengan mengirimkan foto KTP saja. Pelayanan pendaftaran juga akan menggunakan fast track, tanpa harus menunggu lama. Kurang lebih sekitar 1-3 jam hasil dari tes sudah bisa diambil, tergantung paket mana yang dipilih," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan Paket Merdeka Sehat untuk segera melakukan pemeriksaan dan mendeteksi dini kolesterol dan gula darah sehingga bisa mencegah adanya komplikasi penyakit lainnya yang lebih berbahaya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023