Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulungagung membagikan puluhan bendera gratis bantuan pemkab kepada warga di sekitar wilayah kota setempat, guna menyemarakkan perayaan hari ulang tahun ke 78 Kemerdekaan RI.
 
"Kami di sini sifatnya membantu pemerintah daerah (membagikan bendera merah putih). Semoga dengan bantuan ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan Tanah Air," kata Ketua PWI Tulungagung Wiwieko, Jumat.
 
Pembagian bendera gratis dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga di beberapa kelurahan di Tulungagung.
 
Bendera dibagikan satu per satu, sambil mengimbau warga untuk mulai memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing.
 
Aksi bagi-bagi bendera gratis itupun menarik perhatian warga yang menerima.
 
"Terima kasih. Kebetulan bendera kami sudah usang, ini dapat gantinya yang baru. Insya Allah segera kami pasang," ujar Deni, warga Kelurahan Kenayan, Kota Tulungagung.
 
Bantuan itu bagian dari program pembagian 10 ribu bendera merah putih yang dicanangkan Pemkab Tulungagung ke 19 kecamatan yang ada di Tulungagung.
 
Distribusi dilakukan melalui jalur struktural melibatkan jajaran perangkat kecamatan hingga desa/kelurahan di daerah itu.
 
Selain melalui perangkat, penyaluran bendera juga melibatkan unsur organisasi kemasyarakatan dan organisasi profesi, termasuk PWI.
 
Dalam kesempatan itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono mengapresiasi anggota PWI yang mau membantu pemerintah membagikan bendera merah putih pada masyarakat.
 
Ia memastikan, bendera dibagikan merata di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung. "Tujuannya agar menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat dan menyemarakkan hari kemerdekaan," kata Bambang.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023