Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar serangkaian kegiatan perlombaan diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo Wawan Setiawan mengemukakan bahwa berbagai perlombaan dimulai hari ini hingga 17 Agustus 2023 di antaranya lomba gobak sodor, tarik tambang, sepak bola, tinju guling, gerak jalan, lomba voli antar-kecamatan dan lomba memancing.

"Agustus merupakan bulan yang sangat menggembirakan karena selain HUT Ke-78 Kemerdekaan RI juga diperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) Ke-205 dan dirayakan setiap tanggal 15 Agustus," kata Wawan dalam sambutan pembukaan perlombaan di Alun-Alun Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Hari Jadi Kabupaten Situbondo atau Harjakasi Ke-205 mengambil tema "Bersama Kita Lanjutkan Untuk Situbondo Berjaya" digelar serangkaian perlombaan yang akan ditampilkan, di antaranya karnaval Harjakasi, ziarah makam pahlawan, khatmil quran, tari zafen, haul akbar para bupati dan pahlawan nasional, upacara Harjakasi, dan peresmian Pelabuhan Jangkar-Lembar.

Baca juga: Pemkab Situbondo komitmen tingkatkan SDM pengelola koperasi

"Jadi, pada puncak perayaan Hari Jadi Kabupaten Situbondo tahun ini yakni pada tanggal 15 Agustus 2023, pemerintah daerah meresmikan peresmian rute operasional dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar (Nusa Tenggara Barat)," kata Sekda Wawan.

Ia berharap serangkaian kegiatan perlombaan baik dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan RI maupun Harjakasi Ke-205 ini mampu mempererat kebersamaan baik antar-Forkopimda, antar-Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun dengan seluruh masyarakat.

"Karena Kalau kita kompak maka kita akan kuat. Dan ini menjadi modal untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Situbondo," ujar Wawan.

Ia menambahkan, dalam rangkaian perlombaan menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, khususnya lokasi lomba memancing sekaligus dipersiapkan mempersiapkan lomba Adipura.

"Karena kalau sungainya ditempati lomba memancing ini tentunya sungainya bersih," kata Wawan.

Dari pantauan, perlombaan menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan RI dilaksanakan hari ini, di antaranya tarik tambang antar OPD termasuk instansi vertikal seperti Kejaksaan Negeri Situbondo, Polres, Pengadilan Negeri Situbondo dan Kodim 0823/ Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023