Sebanyak lima pelaku usaha kecil mikro kecil dan menengah (UMKM) dilibatkan dalam pameran teknologi percetakan dan ekonomi kreatif terbesar di Indonesia Timur dan Indonesia Tengah, Surabaya Printing Expo (SPE) 2023.
 
CEO Krista Exhibitions Daud D. Salim selaku penyelenggara kegiatan di Surabaya, Kamis, mengatakan untuk ke 16 kalinya pameran Surabaya Printing Expo ini digelar dengan melibatkan 150 perusahaan yang lima di antaranya merupakan UMKM.
 
"Kami ingin mengajak pelaku UMKM tersebut untuk naik kelas serta dapat mendatangkan 12.000 pengunjung," ucapnya.
 
Ia mengatakan, pameran ini merupakan platform yang perlu dihadiri oleh para pelaku bisnis di industri percetakan dan menjadi jembatan antara pengusaha di Industri percetakan dengan konsumen.
 
"Karena potensi pasar industri percetakan di Indonesia yang cukup besar," ujarnya.
 
Ketua Umum Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI), Ahmad Mughira Nurhani mengatakan kebutuhan produk percetakan secara digital terus berkembang di segala bidang perekonomian dewasa ini telah banyak mengalami pergeseran yang menjadi
tantangan bagi produk-produk bisnis konvensional.
 
"Namun akan menjadi peluang bagi yang dapat menangkap dan memanfaatkannya perkembangan teknologi terkini tersebut secara kreatif," katanya.
 
Demikian pula perkembangan dunia grafika semakin bertambah maju dan dinamis. Mesin-mesin cetak pun telah mengikuti tren digitalisasi dalam pengoperasionalannya.
 
"Di era digital saat ini, kebutuhan akan
barang cetakan yang berkualitas tinggi dengan proses pekerjaan yang makin mudah dan cepat serta akurat, merupakan pilihan yang harus diambil pelaku bisnis percetakan,” kata Ahmad Mughira.
 
Pameran ini akan menyuguhkan segala jenis teknologi cetak mencetak terkini mulai dari skala kecil, menengah, dan besar dengan berbagai teknologi percetakan, seperti cetak digital, cetak sablon, cetak offset, cetak garment, cetak tekstil, mesin cutting, mesin finishing, cetak 3D, label, dan tinta.
 
Pameran ini terbuka oleh pelaku bisnis dan masyarakat mulai pukul 10.00 WIB hingga sampai pukul 19.00 WIB mulai dari Kamis (20/7) hingga Minggu (23/7) di Grand City Convex Surabaya.
 

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023