Puluhan ribu warga mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1445 hijriah yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) di Surabaya. 

Para peserta menyusuri rute sejauh 3,6 kilometer yang mengambil tempat start dan finish di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.  

"Jalan sehat ini menjadi bentuk wujud syukur dan nikmat kita memasuki 1 Muharram 1445 Hijriah. Selain itu juga untuk menguatkan persaudaraan, persatuan, dan menguatkan energi positif yang kita miliki dalam sebuah konfigurasi kebhinekaan yang bisa memberikan referensi positif di Indonesia," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan usai kegiatan jalan sehat di Surabaya.
 
Ia mengatakan jalan sehat dengan membawa Bendera Merah Putih ini sekaligus menjadi upaya untuk memperkuat rasa cinta tanah air. Apalagi sebentar lagi memasuki Bulan Agustus, yakni bulan memperingati Kemerdekaan RI.

Dalam kegiatan jalan sehat tersebut dilakukan pembagian sebanyak 45 bendera merah putih kepada para peserta. 

Menurut Khofifah, pembagian bendera merah putih ini selaras dengan Surat Edaran Dirjen Polpum Kemendagri untuk mengantisipasi gesekan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa jelang Pemilu 2024. 

"Kibarkan bendera merah putih setinggi-tingginya. Semoga apa yang menjadi komitmen kita dalam kegiatan jalan sehat ini akan menjadi pembuka pintu-pintu nikmat, kasih sayang, keberkahan, kesuksesan, keselamatan dan ampunan Allah yang akan diturunkan kepada kita semua," tuturnya.

Para peserta yang beruntung mendapatkan rezeki hadiah yang telah disediakan melalui undian usai kegiatan jalan sehat,  yakni berupa kulkas, sepeda gunung, laptop, sepeda motor, serta paket umrah masing-masing sembilan unit.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023