Gedung PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI yang berada di Jalan Merak, Krembangan Selatan, Surabaya, menjadi jujugan turis yang berasal dari delapan negara, yakni Yunani, Sri Lanka, India, Korea Selatan, Mexico, Filipina, Uzbekistan, dan Prancis.

Gedung yang telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Indonesia itu, menjadi salah tujuan dalam rangkaian kegiatan Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival (SCCIFAF) 2023.

"Kegiatan ini merupakan acara pertukaran budaya, dan setiap daerah menampilkan kebudayaan dan yang berlangsung sejak tanggal 16 hingga tanggal 20 Juli," kata pendamping wisatawan yang juga Perwakilan Pemerintah Kota Surabaya Annisa Zaraswati, di Surabaya, Rabu.

Adapun gedung kantor pusat PTPN XI masuk dalam bangunan heritage cagar budaya karena secara historis, merupakan peninggalan Belanda, dan menjadi tujuan utama dalam kegiatan SCCIFAF.

Dijelaskan, pemerintah kolonial Belanda kala itu memfungsikan gedung PTPN XI sebagai kantor HVA (Haandels Vereeniging Amsterdam) Comodites Straat atau juga disebut sebagai asosiasi pedagang Amsterdam.

Sementara itu, Azizah sebagai salah satu pengunjung yang berasal dari Uzbekistan mengaku kagum pada arsitektur gedung PTPN XI.

"Kesan pertama sangat antusias karena kami mendapatkan banyak informasi tentang sejarah gedung ini. Kami bisa mengetahui adanya banyak pabrik gula di sini, dan kantor pusatnya di sini. Wonderful PTPN XI,” jelas Azizah.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023