PT Perkebunan Nusantara XI berkomitmen mendukung pemberdayaan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kepala Bagian Sekretaris PT Perkebunan Nusantara XI Yunianta mengemukakan dalam rangka mendukung geliat pariwisata di Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo itu, PTPN XI berkolaborasi dengan BUMN Muda PTPN XI dan TJSL menggelar Festival Tourism Synchronization dan pasar murah sembako.

"Kegiatan tersebut digelar di Pantai Pandean, Desa Wonorejo, selama dua hari, yakni sejak tanggal 8-9 Juli 2023," ujar dia dalam keterangan tertulis di Situbondo, Selasa.

Menurut dia, Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo telah diresmikan sebagai bagian dari 75 desa wisata terbaik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023.

Terkait dengan pasar murah dalam rangkaian kegiatan itu, lanjut Yunianta, sebanyak 500 paket sembako yang terdiri atas gula dan minyak goreng Nusakita disediakan untuk warga desa setempat.

Panitia kegiatan pasar murah dari PTPN XI membagikan 500 kupon kepada warga Desa Wonorejo, sebelum hari pelaksanaan.

Melalui pemberian kupon tersebut, warga menerima paket sembako dengan harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp10.000 per kilogram dan Rp10.000 satu liter minyak goreng.

"Harganya lebih terjangkau dari harga di pasaran pada umumnya. Alhamdulillah PTPN XI bisa berkontribusi dalam geliat wisata di Pantai Pandean Desa Wonorejo. Karena salah satu unit kebun wilayah PTPN XI telah menjadi bagian dari Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo," ujar dia.

Kepala Desa Wonorejo Sumarto Adi menyampaikan terima kasih kepada PT Perkebunan Nusantara XI sebagai salah satu aset BUMN yang turut berkontribusi memberikan pemberdayaan terhadap masyarakat di desanya.

"Kami mengucapkan terima kasih juga kepada semua pihak yang mendukung dalam kegiatan Festival Tourism Synchronization di Desa Wonorejo," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023