Komunitas bola basket Legion XX Surabaya menggelar pertandingan antar anggota yang berusia di atas 35 tahun untuk menggaet para mantan atlet maupun para penghobi yang masih ingin menyalurkan hobinya.

Pelatih Legion XX Surabaya Roy Protivator, saat ditemui di Surabaya, Senin malam, mengatakan pada pertandingan tersebut diikuti oleh empat tim, yang masing masing tim berjumlah 12 orang dengan waktu bermain empat kali 10 menit.

"Jadi kalau ditotal ada 48 orang yang ikut dari usia 35 sampai 52 tahun, dengan sistem pertandingan normal agar kami bisa menambah kekompakan, skill dan fisik segala macamnya," ucapnya.

Dalam pertandingan tersebut, akan ada penghargaan yang akan diraih bagi pemenang, yakni berupa merchandise Legion XX Surabaya, seperti tas maupun perlatan bola basket lainnya.

"Tetap akan ada reward yang diraih bagi pemenang, namun bukan berupa fresh money, melainkan merchandise dari Legion yang biasa kami jual juga," katanya.

Menurut dia, Legion XX Surabaya merupakan sebuah wadah bagi para mantan atlet maupun para pecinta bola basket di dalam maupun dari luar Kota Surabaya.

"Awal berdirinya Legion itu tujuannya sebagai ajang kumpul-kumpul bagi orang-orang veteran di basket, tanggal berdirinya 2 Februari 2020," tuturnya.

Setelah berdiri, lanjutnya, pihaknya sering menggelar pertandingan kecil antar anggota hingga laga resmi di kategori umur usia lanjut.

"Kalau mini pertandingan internal kami sudah jalan ke tiga kalinya, kalau pertandingan di luar kami sudah beberapa kali juga, seperti Evergreen yang di Solo kemudian kita pernah ikut di Malang dan turnamen di Blitar," ujarnya.
 
Sejumlah anggota Legion XX bermain bola basket di Gor Pasific Caesar Surabaya, Senin (10/7/2023) malam. ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin


Tak hanya ikut saja, menurut Roy, pihaknya juga beberapa kali meraih juara di kategori usia (KU) 40 bahkan yang 50.

"Di Malang KU 40 juta juara tiga, untuk KU 50 juara dua, kemudian di Evergreen kemarin kalau tidak salah juara tiga sama juara dua mungkin, saya lupa itu," kata Roy.

Roy berharap, kedepannya dengan adanya pertandingan dari Legion XX Surabaya dapat menjaring dari teman-teman luar Surabaya.

"Jadi ada beberapa orang dari komunitas yang dari luar ingin ikut tampil di sini ya, ke depannya sebetulnya kami ini ingin komunitas veteran di Surabaya saling berteman dan berkumpul bersama-bersama," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua umum I Persatuan Bola Basket Indonesia Jawa Timur Vinsent Guido Lasakar menambahkan dengan adanya pertandingan basket yang sering digelar di wilayahnya maka dapat menggairahkan even perbasketan di Surabaya maupun Jatim.

"Kami dari Perbasi dengan ada even ini juga ikut senang, otomatis dapat menggairahkan basket Surabaya dan Jawa Timur juga ikut bergairah," ucapnya.

Namun dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat berlangsung di seluruh komunitas yang ada di Surabaya agar semakin masif lagi.

"Kami mengharapkan seperti ini tidak hanya ada di Legion misalnya bisa ada di CLS bisa ada di Mahameru, Familia dan lain-lainnya," katanya.

Selain itu, jika memungkinkan bisa juga yang menjadi juara bisa berlanjut ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi.

"Semoga bisa diambil yang juara-juara, Jadi ada kelanjutan tapi nanti akan dirunding lagi bersama lainnya," tuturnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023