Tokoh publik Bambang Haryo Soekartono (BHS) selaku Founder BHS Peduli membagikan ribuan paket daging kurban untuk warga Sidoarjo dan Surabaya.
 
Bambang Haryo, Kamis, mengatakan ribuan paket daging itu berasal dari 25 ekor sapi masing-masing 14 ekor untuk warga Surabaya dan 11 ekor untuk Sidoarjo.
 
"Mereka yang mendapatkan daging kurban tersebut di antaranya kelompok petani, nelayan hingga komunitas sopir angkot dan becak," katanya di sela penyerahan daging kurban di Posko BHS Center di Sidoarjo.
 
Ia mengatakan, pembagian daging kurban itu adalah kegiatan rutin tahunan yang pendistribusiannya juga dikhususkan untuk warga yang membutuhkan.
 
"Diharapkan dengan adanya kurban ini kami bisa berbagi sedikit keberkahan untuk warga Surabaya dan Sidoarjo. Kami mengharapkan juga semakin banyak yang membagikan berkah Idul Adha ini," kata Bambang Haryo.
 
Ia berharap puluhan ribu paket daging kurban itu, dapat bermanfaat untuk masyarakat secara luas.
 
Di hadapan petani dan nelayan yang hadir, dia menegaskan akan terus mengawal apa yang dikeluhkan selama ini.
 
Mulai dari pemangkasan anggaran pupuk subsidi, minimnya anggaran pertanian hingga ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) untuk nelayan.
 
"Saya pikir dengan adanya Silpa yang sedemikian besar, kalau bisa pemerintah kabupaten prioritaskan anggaran pertanian," ujarnya.
 
Dirinya juga menyoroti wacana pengurangan pupuk subsidi untuk petani.
 
"Saya minta karena pertanian ini adalah tonggak daripada pertumbuhan ekonomi harusnya, subsidi pupuk tidak boleh dikurangi. Saya harus bersuara lagi," ucapnya.
 
Ketua Gapoktan Desa Sukorame, Candi, Suwono mengucapkan terima kasih atas perhatian tim BHS peduli terhadap petani.
 
"Apa yang diupayakan dan diperjuangkan pak BHS seperti, kekurangan pupuk dan bantuan subsidi bagi petani langsung ditanggapi pihak terkait itu sudah saya buktikan sendiri," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023