Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo mengaku salut dengan deklarasi dukungannya yang digelar para pengacara tergabung dalam "Ganjar Law And Development Center' (GLDC) di salah satu lapangan futsal di perkampungan Jakarta.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Senin, Gubernur Jawa Tengah tersebut berpesan kepada para pengacara pendukungnya untuk berkomitmen membela hak-hak rakyat Indonesia.

"Saya sangat bangga dengan deklarasi ini. Bukannya dibuat di gedung mewah, tetapi di lapangan futsal perkampungan yang dekat langsung dengan masyarakat. Ini baru pengacara rakyat," ujarnya.

Ke depan, ia berharap GLDC terdepan membela kepentingan masyarakat kecil yang tertindas dengan persoalan hukum.

Selain itu, kata dia, tentunya masyarakat juga diberikan pemahaman tentang hukum agar tidak gampang melakukan pelanggaran.

Dalam kesempatan sama, Ganjar meminta GLDC terus mengawal proses pemilihan hingga hari H dan bekerja sama dengan tim sukses dan relawan lainnya. 

Turut hadir dalam deklarasi ribuan pengacara se-Indonesia tersebut yaitu Penasihat GLDC Yasonna H Laoly yang juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI, anggota DPR RI Ahmad Basarah selaku Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan, serta sejumlah tokoh lainnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023