Ratusan peserta mulai siswa sekolah dasar hingga umum memeriahkan sekaligus mengikuti lomba baca puisi karya "Si Bung" di Kabupaten Sumenep, Madura, Sabtu.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan Bulan Bung Karno 2023 itu dilaksanakan di Pendopo Agung Sumenep dan dibuka oleh Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah.

"Tidak banyak yang konsen dan fokus untuk berkreasi di bidang puisi. Semoga melalui kegiatan ini lahir D Zawawi Imron- D Zawawi Imron baru yang terkenal melalui karya dan baca puisinya," kata Nyi Eva, sapaan Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah.

D Zawawi Imron yang terkenal dengan sebutan "Sang Celurit Emas" itu adalah penyair senior nasional yang berasal dari Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep.

Usai membuka acara, Nyi Eva juga membacakan salah satu puisi karya Chairil Anwar, yakni "Persetujuan dengan Bung Karno".

Dalam acara tersebut, disiapkan enam puisi karya Bung Karno untuk dibaca oleh 109 peserta. Sebagian besar peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Ketua Dewan Juri Lomba Baca Puisi Bulan Bung Karno, Ibnu Hajar mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Ini suatu wadah sekaligus momentum bagi siapa pun, utamanya para peserta, untuk mengenal Bung Karno melalui karya-karya puisinya," ujarnya.

Ia berharap kegiatan tersebut bisa digelar secara rutin karena bisa menjadi sarana untuk menggelorakan kembali semangat cinta Tanah Air dan patriotisme melalui puisi-puisi Bung Karno yang bertema nasionalisme.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023