Pengurus Besar Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) berharap pengurus tingkat Jawa Timur tak berhenti menyumbang atlet-atlet muda untuk berlaga di turnamen nasional maupun internasional.

"Jatim ini menjadi daerah yang memiliki bibit atlet menembak luar biasa, termasuk pembinaannya. Maka ke depan harus terus dilakukan," ujar Ketua Harian PB Perbakin Brigjen TNI (Purn) Siswanto usai Pelantikan Pengprov Perbakin Jatim periode 2023-2027 di Surabaya, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menitipkan pesan Ketua Umum PB Perbakin yang meminta pengurus tingkat provinsi, termasuk Jawa Timur, untuk berbenah dan membuat terobosan dalam pembinaan atlet.

Siswanto juga mengakui saat ini regenarasi atlet dari daerah berkurang karena disebabkan berbagai faktor, antara lain animo masyarakat melihat cabang olahraga tersebut, serta atlet yang memiliki aktivitas lain.

"Menembak ini soalnya sifatnya pribadi, dan bukan tugas pemerintah menjamin untuk bebas kuliah, bebas kerja dan lainnya. Inilah yang menjadi tantangan dan ke depan harus ada strategi agar generasi tidak mati," ucapnya.

Salah satu solusi, kata dia, yaitu melibatkan TNI dan Polri sebagai atlet karena tidak kesulitan izinnya, lalu memiliki sikap disiplin tinggi, mental kuat dan fisik yang tak perlu diragukan.

Di sisi lain, saat ini pihaknya sedang fokus menghadapi Asian Games 2023 yang akan digelar pada di China pada September mendatang.

"Kami konsentrasi untuk Asian Games dalam waktu dekat ini. Kalau kejuaraan dunia mungkin setelahnya, salah satunya di Korea," tutur Siswanto.
 
Ketua Harian PB Perbakin Brigjen TNI (Purn) Siswanto (kanan) bersama pengurus Pengprov Perbakin Jatim usai dilantik di Gedung Pepabri Kompleks Makodam V/Brawijaya di Surabaya, Sabtu (17/6/2023). ANTARA/Fiqih Arfani


Sementara itu, Ketua Pengprov Perbakin Jatim Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio menegaskan kesiapannya melanjutkan roda organisasi tiga tahun ke depan, sekaligus mewujudkan harapan PB Perbakin tentang regenerasi atlet.

"Selama ini sudah berjalan, tapi akan lebih kami maksimalkan lagi. Bibit-bibit atlet asal Jatim harus terus bermunculan, termasuk menyumbang atlet nasional yang bertarung di kejuaraan tingkat nasional maupun internasional," tuturnya.

Istu Hari Subagio dilantik sebagai Ketua Perbakin Jatim periode 2023-2027 usai terpilih aklamasi pada Musyawarah Provinsi pada akhir April lalu di Gedung Pepabri Kompleks Makodam V/Brawijaya di Surabaya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023