Executive Commitee Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Exco PSSI) Ahmad Riyadh memastikan persiapan pertandingan FIFA matchday antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Palestina sudah berjalan baik.
 
"Semuanya sudah berjalan baik, sudah kordinasi juga dengan pihak-pihak terkait, termasuk pengamanan yang ditempatkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)," kata  Riyadh dalam keterangannya di Surabaya, Selasa.
 
Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur tersebut, berdasarkan hasil rapat bersama pihak terkait akan diterjunkan 4.300 personil gabungan, terdiri dari polisi dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan bertugas di Stadion GBT Surabaya.
 
"Dari hasil rapat ditentukan 4300 personil gabungan," kata pria yang akrab disapa Abah Riyadh itu.
 
Selain itu, kata dia, pihaknya juga sudah meminta agar akses jalan tol yang langsung menuju stadion dibuka untuk umum tidak hanya bagi VIP, untuk menambah akses masuk serta mengurai penumpukan kendaraan terutama roda empat yang menuju ke GBT.
 
"Sudah saya omongkan ke Pak Wali Kota Surabaya saat gala dinner, PSSI meminta untuk mengusahakan dibukanya akses jalan tol yang menuju ke Stadion GBT untuk menghindari kepadatan kendaraan di area yang menuju stadion," ucapnya.
 
Oleh karena itu, Riyadh mengucapkan terima kasih banyak atas usaha yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya yang telah membantu agar pelaksanaan FIFA matchday berjalan lancar.
 
"Nanti ke depan pada rapat PSSI akan memberikan penghargaan khusus sebagai kota yang layak menyelenggarakan pertandingan internasional, matchday-matchday ke depan akan diutamakan ke Surabaya," ujarnya.
 
Sementara itu, Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Soe Priyo Utomo mengatakan, terkait hal tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah mengirimkan surat resmi ke pengelola jalan tol dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 
"Insya Allah, untuk permintaan itu Pak Wali sudah bersurat langsung ke Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan Kementerian PUPR juga sudah, tinggal tunggu, Insya Allah hari ini sudah bisa dibuka," ujarnya saat dihubungi ANTARA.
 
Menurut dia, jika tidak memungkinkan, bisa juga lewat flyover Teluk Lamong di area Pelindo.
 
"Keluar dari Tol Romokalisari 1, belok kanan ke arah Surabaya kemudian belok kiri ke arah Teluk Lamong dan bisa keluar ke GBT," katanya.
 
Pada FIFA matchday di Surabaya Timnas Indonesia akan melawan Palestina yang akan diselenggarakan di Stadion GBT Surabaya pada 14 Juni 2023, pukul 19.30 WIB.
 
Berdasarkan peringkat dunia FIFA, Timnas Indonesia berada di peringkat 149 dengan poin 1046,02 sedangkan tim yang berjuluk Singa dari Kanaan tersebut berada di urutan 93 dengan total poin 1239,19.
 
Selanjutnya, Pasukan Garuda Merah Putih tersebut akan menjamu Timnas Argentina di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 19 Juni 2023, pukul 19.30 WIB.
 
Timnas Argentina merupakan negara pemenang FIFA World Cup atau Piala Dunia 2022 Qatar, sementara berdasarkan peringkat dunia FIFA, tim yang berjuluk La Albiceleste menduduki peringkat satu dengan poin 1840,93.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023