Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan bonus apresiasi dengan total senilai Rp1,2 miliar bagi 26 atlet yang berhasil mendulang medali pada SEA Games 2023 Kamboja di Balai Koa setempat, Sabtu.

"Ada medali emas, perak, perunggu. Ada perorangan maupun beregu, kami berikan semuanya tetapi dengan jumlah yang berbeda antara beregu dan perorangan," kata Eri kepada wartawan.

Puluhan atlet peraih medali di antaranya Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Janis Rosalita Supriatno, Vania Elvira Elent Rahmadani, Rivan Nurmulki, Muhammad Daffa, dan Aldila Sutjiadi.

Selain puluhan atlet, enam orang pelatih yang juga mendapatkan apresiasi serupa, yakni Ronaldy Harbintoro, Robert Karly, Joni Sugiyatno, Pedro Bartholomeus Lilipaly, Andy Ardiansyah, dan Wiryawan Sugiharto.

Total Pemerintah Kota Surabaya menyerahkan bonus kepada 32 atlet dan pelatih.

"Ini adalah bentuk apresiasi Pemkot Surabaya kepada atlet Kota Surabaya," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rincian bonus Rp1,2 miliar itu dibagi dalam beberapa kategori, yakni medali emas untuk atlet cabang olahraga perorangan mendapatkan bonus Rp52 juta, perak Rp26 juta, dan perunggu Rp13 juta.

Beregu dua hingga tiga orang untuk medali emas mendapatkan Rp42 juta, perak Rp21 juta, dan perunggu Rp10 juta.

Kemudian, untuk medali emas dari  kategori beregu empat sampai enam orang mendapatkan Rp32 juta, perak Rp16 juta, dan perunggu Rp8 juta. Sedangkan kategori beregu di atas enam orang mendapatkan Rp22 juta untuk medali emas, perak Rp11 juta, dan perunggu Rp5 juta.

Penyerahan hari ini hanya dihadiri 17 atlet karena beberapa di antaranya sudah ada yang harus bergabung dalam program pemusatan latihan.

"Kami berikan setelah waktu ulang tahun Surabaya, karena pada waktu itu tidak semua bisa hadir. Hari ini pun ada yang tidak bisa hadir karena ada pemusatan latihan," ujarnya.

Di tempat sama, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Surabaya Hoslih Abdullah menyebut bonus dari pemkot setempat mampu meningkatkan motivasi dan semangat para atlet untuk terus menorehkan prestasi.

"Ini memberikan semangat yang luar biasa untuk mereka," ujarnya.

Sementara, atlet voli asal Kota Surabaya Rivan Nurmulki mengatakan apresiasi yang diberikan menambah semangat seluruh atlet asal "Kota Pahlawan" untuk terus berkembang menyongsong multieven olahraga lainnya.

"Tahun ada tiga, salah satunya Asian Games. Ini menambah semangat, pastinya semua akan berlomba-lomba untuk berprestasi," kata dia.

Rivan menambahkan dia mendapatkan bonus senilai Rp22 juta seusai membantu Timnas Voli Indonesia mempertahankan capaian medali emas SEA Games di Kamboja.

"Emas ketiga, sebelumnya di Filipina, Vietnam, dan sekarang Kamboja," ujar Rivan.
 

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023