Pemain sepak bola Sandy Walsh menyatakan siap membantu dan membuka jalan bagi masa depan karir Marselino Ferdinan di Belgia demi meraih prestasi yang lebih tinggi di level Eropa. 

"Tempat tinggal kami di Belgia hanya berjarak sekitar 25 menit. Saya sudah sampaikan Marselino bisa datang kapan saja ke tempat tinggalku untuk berbagi pengalaman. Saya siap membimbingnya kapan saja," katanya kepada wartawan di Surabaya, Rabu.
 
Sandy Walsh dan Marselino tergabung dalam tim nasional (Timnas) Indonesia jelang "FIFA Matchday" melawan Palestina dan Argentina pada pertengahan Juni mendatang yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Surabaya.
 
Keduanya saat ini sama-sama merumput di klub asal Belgia. Bedanya Sandy Walsh yang lahir di Belgia pada 14 Maret 1995 lebih senior dengan pengalaman malang melintang di kancah sepak bola Eropa.

Di antaranya Sandy turut andil saat tergabung dalam Timnas Belanda U-17 meraih Piala Eropa di tahun 2012. Sandy yang resmi dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia pada 17 November 2022 kini membela klub KV Mechelen di Liga Pro Belgia.

Sedangkan, Marselino yang masih berusia 18 tahun baru saja meniti karir di klub KMSK Deinze di kasta Divisi Pertama B Belgia, setelah sebelumnya berkembang bersama klub Liga 1 Indonesia Persebaya Surabaya. 

Sandy menyebut Marselino memiliki talenta sepak bola yang sangat potensial dibanding pemain-pemain muda seusianya. 

"Usianya terbilang masih sangat muda sehingga berpeluang besar untuk mengembangkan karir sepak bola di Eropa. Saya pernah tanya targetnya bermain di Eropa apa. Dia jawab ingin bermain di Liga Champions. Sebuah jawaban yang pertama kalinya saya dengar dari anak muda dari Indonesia," ujarnya.

Sandy mengamati permainan Marselino bersama tim KMSK Deinze selama berkompetisi di Divisi Pertama B Belgia cukup berkembang. 

"Saya katakan siap menjadi pembimbingnya kapan saja. Toh tempat tinggal kami berdekatan sehingga bisa bertemu kapan saja untuk berbagi pengalaman. Dengan begitu Marselino bisa menentukan langkah karir selanjutnya dengan benar untuk menjadi pemain hebat di Belgia maupun Eropa," ucapnya.   
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023