Koleksi satwa di Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) bertambah dengan lahirnya dua ekor anak singa berjenis kelamin jantan dan betina yang merupakan hasil breeding (pembibitan).

"Kelahiran dua anak singa, betina dan jantan ini merupakan hasil breeding sukses dari singa, kerja sama dengan Jatim Park," kata Direktur Utama PDTS KBS Choirul Anwar kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Choirul menjelaskan, kedua anakan singa tersebut sudah diberi nama, yakni Bima dan Dona dari indukan bernama Ipin dan Sruni.

"Yang jantan namanya Bima yang betina namanya Donga. Ini merupakan hasil kerja keras tim konservasi KBS. Karena waktu itu, singa kita dalam kondisi tua semua, kemudian dapat fresh blade dari Jatim Park, kita optimalkan, alhamdulillah dari jangka waktu kurang satu tahun itu sudah menghasilkan breeding dua anak singa," ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, dua induk singa tersebut akan segera dikembalikan ke asalnya, yakni di Jatim Park, sementara dua anaknya akan dibesarkan di KBS.

"Untuk induknya nanti akan segera kita kembalikan ke Jatim Park. Tapi masih menunggu anaknya tidak lagi disusui oleh induknya," katanya.

Khoirul menambahkan, dua anak singa tersebut dalam kondisi sehat karena disusui langsung oleh induknya dan perkembangannya terlihat cepat sekali juga lincah.

"Sehat, masih disusui langsung oleh indukan, ini luar biasa cepat sekali perkembangannya dan juga lincah," ucapnya.

Saat ini, menurut dia, dalam masa transisi dengan para keepernya agar lebih dekat, sehingga bisa jinak jika bertemu orang.

"Biar mereka menjadi anak asuh yang baru dari para keeper untuk nantinya bisa lebih jinak," tuturnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023